• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kartu Identitas Anak Wajib Dimiliki setiap Anak

Sabtu, 09 Maret 2019 | 21:23 WIB
Ilustrasi KIA. (Foto : net)
Loading...


Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diwajibkan Pemerintah untuk dimiliki setiap anak, dimaksudkan dalam rangka pemenuhan hak anak.

Rahmad Gunawan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Dukcapil) Kabupaten Bangka mengatakan, pembuatan KIA sendiri, diwajibkan bagi anak sejak lahir hingga berumur 17 tahun.

"KIA ini diwajibkan oleh pemerintah,untuk tahun ini seluruh Dukcapil kabupaten/kota sudah melayani kartu identitas anak,"jelasnya, Sabtu (9/3/2019).

Ia melanjutkan, sekarang ini sudah terdapat sekitar 13.000 blangko KIA yang masih jauh dari target karena harus mengejar 100.000 anak usia nol hingga 17 tahun yang diharuskan memiliki KIA.

Syarat pembuatan KIA sendiri, dikatakan Rahmad, sangat mudah, dimana masyarakat hanya perlu membawa akte kelahiran dan kartu keluarga. "Blangko yang ada saat ini terbatas dan peralatan yang dimiliki hanya satu unit. Untuk syaratnya, yakni anak di atas lima tahun pas foto ukuran 3×4 dua lembar, sedangkan usia di bawah lima tahun tidak perlu menggunakan foto. Pembuatan KIA ini gratis,''ucapnya.

Alasan lainnya yang mengharuskan anak-anak juga mempunyai kartu identitas adalah berdasarkan Undang-undang, yaitu seluruh penduduk dan anak pun harus  mempunyai identitas yang bisa dibawa kemana pun. "Selama ini, kalau akte kelahiran lebar dan besar dan tidak mungkin dibawa kemana-mana,"pungkasnya.

Sementara itu, menurutnya, pembuatan KIA khusus PAUD dan TK akan dilayani secara kolektif. Sedangkan untuk pelajar SD, SMP dan SLTA dipersilahkan datang ke kantor Dukcapil.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com