• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bayar Pajak Kendaraan di Beltim Cuma 2 Menit

Samsat dan Polres Beltim berfoto bersama saat meresmikan loket khusus pembayaran pajak. (Foto : belitungtimurkab.go.id)
Loading...

Klikbabel.com,Manggar - Pelayanan pembayaran pajak kendaraan di Belitung Timur (Beltim) saat ini tidak memerlukan waktu lama. 2 menit, pembayaran sudah dapat dilakukan masyarakat. Hal ini berkat keberadaan loket khusus Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Beltim.


Wajib pajak hanya perlu mendatangi satu loket dan tidak perlu membawa fotocpopy KTP, STNK serta BPKB. Begitu nomor antrian dipanggil, wajib pajak tinggal menuju ke loket khusus yang sudah disiapkan, cukup memperlihatkan KTP elektronik dan STNK asli dan langsung membayar di loket tersebut.

Kepala UPT Bakuda Samsat Beltim, Alexander Ihsan mengungkapkan penerapan Loket Khusus yang diresmikan 5 Maret 2019 atas kerjasama pihaknya dengan Polres Beltim, masih terbilang baru. Samsat Beltim merupakan yang ke tiga se-Provinsi Kepuluan Babel yang menerapkan pelayanan loket khusus.

“Kalau di Pulau Belitung kita yang pertama menerapkan pelayanan ini. UPT Tanjungpandan (Belitung) belum, dari Kabupaten Bangka Tengah juga kemarin studi banding ke sini,” ungkap Alex.

Masyarakat umum sudah merasakan efek positif kehadiran loket khusus tersebut. “Inovasi terobosan yang baik ini, harusnya dari dulu. Kita sangat terbantu, sekarang jauh lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan,” beber salah seorang wajib pajak, Yerri Chandra Pratama (21) saat dimintai kesaksiannya terhadap Loket Khusus Samsat Beltim dikutip dari website resmi Pemkab Beltim, Sabtu (9/3/2019).


Warga Desa Burung Mandi Kecamatan Damar itu mengungkapkan biasanya ia harus menghabiskan waktu kurang lebih satu setengah hingga dua jam untuk membayar pajak perpanjangan STNK. “Nyaman sekarang, dak susah antri lagi. Dulu kan mesti daftar dulu, cek STNK dulu, terus ke loket pembayaran tunggu lagi, banyak dan ribet,” kenang Yerri.

Loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com / belitungtimurkab.go.id