• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Frekuensi Mutasi dan Rotasi Pegawai Tinggi, Ini Tanggapan DPRD Basel

Samsir, Ssekretaris Komisi I DPRD Bangka Selatan. (Foto : Devi Putra/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dinilai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) termasuk yang sangat tinggi melakukan frekuensi kebijakan mutasi dan rotasi terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, dalam akhir-akhir Pemkab menggelar proses mutasi dan rotasi beberapa ASN.

Klik juga : Langganan Banjir, SDN 6 Deniang akan Dibangun Baru

Menyikapi hal itu, Sekretaris Komisi I DPRD Basel Samsir berharap, kebijakan mutasi ASN ini mampu menciptakan suatu netralitas dan mengacu pada hasil evaluasi jabatan dan persoalan kebutuhan kinerja pegawai. Bukan dilakukan karena dipengaruhi oleh kepentingan politik tertentu tanpa ada dampak yang signifikan.

"Kami juga berharap penerapan kebijakan mutasi pegawai ASN ini tidak didasarkan pada paradigma patronage systim atau pengangkatan seseorang pegawai berdasarkan hubungkan pribadi antara pihak yang mengangkat dan diangkat. Pemerintah daerah harus mengacu pada surat instruksi Mendagri Nomor 820 //6040/SJ," ujarnya, Jum'at (8/3/2019).

Juga diharapkan, kata Samsir Pemkab Basel harus memahami secara eksplisit maksud dan tujuan dalam menerapkan prosedur mutasi pegawai ASN yang sebenarnya, lebih efektif dan efisien dalam menata sistem kepegawaian daerah. "Pemerintah kabupaten harus menyadari dan berusaha untuk lebih tanggap dengan berbagai tantangan reformasi birokrasi terutama dalam menciptakan kualitas dan kapabilitas manajemen kepegawaian yang ada," tegasnya. 

"Bukan malah menciptakan sebuah kemunduran. Semoga kebijakan mutasi yang dilakukan memberikan dampak kenaikan dan peningkatan kinerja pemerintahan kedepan," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com