• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga CPO Kembali Menguat

Rabu, 06 Maret 2019 | 09:19 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) kontrak Mei di Bursa Malaysia Derivatives Exchange ditutup menguat 0,56% di posisi MYR 2.161/ton (US$ 530,43/ton) pada perdagangan kemarin (5/3/2019). Pada perdagangan sehari sebelumnya (4/3/2019), harga CPO menukik cukup tajam dengan pelemahan mencapai 1,83%.

Klik Juga : Deretan Temuan 87 Mortir di Bawah Rumah Pejuang Revolusi di Dago Bandung

Pada posisi yang sekarang, hara CPO sudah terpangkas 1,01% selama sepekan secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harganya masih tercatat naik 1,89%. Naiknya harga minyak kedelai kemarin merupakan salah satu faktor yang memberi energi positif pada CPO. Pasalnya, minyak kedelai dan minyak sawit merupakan produk substitusi. Alhasil keduanya saling berkompetisi untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global.

Namun prediksi produksi sawit tahun ini yang meningkat juga memberi beban yang cukup berat pada pergerakan harga CPO.Apalagi menurut pelaku Industri, India saat ini sudah lebih banyak memproduksi minyak nabati, yang akan menyerap pertumbuhan permintaan tahun ini. Mengingat India merupakan importir minyak sawit terbesar di dunia, maka berkurangnya permintaan dari India akan sangat mempengaruhi keseimbangan fundamental di pasar.

 

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC