• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sindikat Curanmor yang Dibekuk Polres Bangka Butuh 10 Menit Jalankan Aksinya

Polres Bangka saat menggelar konferensi pers penangkapan tersangka curanmor. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Komplotan pelaku Pencurian Motor (Curanmor) yang selama ini meresahkan masyarakat berhasil diringkus Tim Opsnal Satreskrim Polres Bangka yang dipimpin Kanit Opsnal, Ipda Ekazen. Tim yang melakukan penyelidikan sejak Sabtu (2/3/2019) pagi tersebut, bertindak berdasarkan laporan polisi dari masyarakat tertanggal 20 Februari dan 22 Januari lalu.

Klik juga : Andi Arief Ditangkap dengan Wanita, Artis?

Dari tangan ketiga pelaku, yakni Rs, Af dan Rm diamankan sejumlah barang bukti diantaranya, 10 motor diduga hasil curian. ''Dari hasil penyelidikan itu, kita dapati 10 kendaraan bermotor yang diduga hasil curian mereka (Tersangka,red)),''jelas Kabag Ops Polres Bangka, Kompol S. Sophian, bersama Kasatreskrim AKP Rio Reza Parindra seizin Kapolres Bangka saat konferensi pers, Senin (4/3/2019).

Kabag Ops melanjutkan, untuk LP yang berhasil dihimpun pihaknya sendiri, terdapat 6 laporan, yaitu 4 LP yang terjadi di Kecamatan Riau Silip, dan 2 LP yang terjadi di Kecamatan Belinyu. Hingga saat ini, dikatakan Kabag Ops, ketiga tersangka sendiri merupakan suatu sindikat yang selama ini meresahkan masyarakat atas tindakan mereka. Ketiganya juga diketahui bukan warga Bangka. 

''Mereka pendatang, Rs dari Lampung, Af warga Jambi, dan Rm warga Jatim. Mereka kelompok, dua diantaranya eksekutor, dan satunya yang bertindak sebagai pengantar dan mengamati situasi,''terangnya.

Selain itu, salah satu pelaku Af alias (36) merupakan residivis dua kali masuk penjara pada tahun 2004 karena mencuri sapi dan di hukum setahun 6 bulan penjara. ''Tahun 2006, mencuri kambing sebanyak 4 ekor, dihukum 8 bulan penjara,''cetus pelaku ketika dimintai keterangan Kabag Ops.

Dari sejumlah alat bukti, juga didapatkan satu unit mesin chain saw dan handphone hasil curian, pretelan onderdil sepeda motor lainnya. ''Kalau mesin chain saw itu, tidak digunakan pelaku. Itu didapati dari salah satu TKP (tempat kejadian perkara) yang ikut dicuri pelaku,''ungkap Sophian.

Ia melanjutkan, pelaku Rs (38) yang merupakan otak aksi curanmor tahun 2002 juga pernah dipenjara 9 bulan karena mencuri sepeda di Lampung. Salah satu pelaku juga mengaku hanya memakai obeng saat melakukan aksinya dan terkesan cepat. ''Bisa dalam waktu 10 menit. Pakai obeng,''tutur salah satu pelaku. 

Para pelaku sendiri, sebenarnya berjumlah empat orang, satu orang lainnya sudah pulang ke Lampung dan dua diantara tiga pelaku yang tertangkap, terpaksa dihadiahi timah panas karena berupaya kabur. Ketiga tersangka pun harus mendekam di sel tahanan Polres Bangka untuk penyelidikan lebih lanjut.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com