• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Nelayan Harus Gunakan GPS dan Fish Finder agar Tahu Posisi Ikan

Ketua HNSI Bangka Ridwan. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Para nelayan yang ada di Kabupaten Bangka, sekarang tidak akan sulit lagi mengetahui keberadaan ikan di laut yang menjadi tujuan dan tumpuan utama mereka dalam mencari nafkah.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bangka, Ridwan kepada klikbabel.com mengatakan, saat ini titik koordinat keberadaan ikan bagi para nelayan sudah dapat terpantau.

Ia melanjutkan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang bekerjasama dengan Lapan mempunyai solusi untuk memberikan gambaran tentang keberadaan ikan.

Untuk itu, dengan diketahuinya posisi koordinat keberadaan ikan-ikan tersebut, dianjurkan kepada para nelayan agar menuju titik itu dengan menggunakan bantuan GPS dan Fish Finder yang biasa dimiliki para nelayan. ''Jadi, mereka (nelayan) dapat menuju keberadaan ikan, dengan mengandalkan bantuan GPS dan Fish Finder. Karena dapat dipastikan dari info tersebut posisi ikan dapat diketahui keberadaanya,''jelasnya, Sabtu (2/3/2019)

Berdasarkan info dari DKP Babel yang bekerjasama dengan Lapan, tentang posisi ikan di laut, dinilai Ridwan, dapat menjadi langkah konkret bagi para nelayan untuk mengurangi biaya melaut. ''Jadi tidak susah-susah lagi pindah sana pindah sini. Posisi ikan akan tahu dimana tepatnya,''ucapnya.

Para nelayan, dikatakannya, dapat dengan pasti menuju titik koordinat ikan, sehingga dapat juga dipastikan wilayah itu menghasilkan ikan bagi para nelayan.

''Menggunakan GPS dan Fish Finder nelayan bisa menuju titik tersebut, dan bisa dipastikan keberadaan ikannya, tentu mengurangi kos nelayan yang selama ini belum tentu menuju titik ikan,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com