• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bhabinkamtibmas Desa Gadung Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Melon

Panen buah Melon yang merupakan pemanfaatan lahan tidur oleh Bhabinkamtibmas Gadung. Foto ; ist
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Bhabinkamtibmas Desa Gadung, Polsek Toboali Bripka Abdul Aziz, berhasil menyulap lahan tidur seluas 2.500 meter menjadi kebun buah Melon Kuning. 

Lahan yang terletak di belakang kediamannya ini, untuk kali kedua sudah melakukan panen. Disebutkan Abdul, panen kedua kali ini dirinya menambah jumlah pohon Melon menjadi 1.600 batang. 

"Pada saat panen pertama, di lahan ini hanya ditanami 800 batang. Produksinya kemarin hampir 1 ton, alhamdulillah sudah memberikan keuntungan. Kemarin kita tambah lagi menjadi 1.600 batang tapi belum tau produksinya berapa karena masih proses panen," ujarnya, Jumat (1/3).

"Mudah-mudahan bisa bisa diatas 1, 5 ton panen kedua ini. Untuk pupuk saya menggunakan lebih banyak pupuk organik dengan perbandingan 60 berbanding 40 karena tanah disini juga harus dibantu dengan pupuk kimia," imbuhnya.

Saat ini, ungkap Abdul, dirinya mengharapkan adanya peran serta pihak terkait dalam hal pemasaran. Agar nantinya jika ada masyarakat yang sukses mengembangkan usaha sejenis, tidak kesulitan lagi dalam pemasaran.

"Saat ini pemasarannya masih lokal saja. bagi masyarakat yang mau membeli silahkan datang saja ke kebun Melon kami ini, harganya yang jelas merakyat, 15 ribu per kilogram," terangnya. 

Kapolsek Toboali Iptu Yandri C Akip  mengaku bangga atas kesuksesan Bripka Abdul Aziz dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun Melon yang menghasilkan uang.

"Saya tentunya sangat bangga dan sangat mendukung program Bhabin kita ini dalam memanfaatkan lahan kosong. Semoga kesuksesannya ini dapat memberikan motivasi baik bagi anggota kepolisian lainnya maupun masyarakat dimana Bhabinkamtibmas kita bertugas," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com