• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sektor Pangan dan Transportasi Pengaruhi Inflasi Bangka Belitung

Kamis, 28 Februari 2019 | 13:20 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...


Klikbabel.com, Pangkalpinang - Terdapat dua sektor mempengaruhi inflasi di Bangka Belitung. Yakni, sektor pangan dan transportasi. Untuk sektor pangan, enam komoditasnya merupakan produk hasil laut atau produk lokal Bangka Belitung.

Demikian dikatakan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi saat membuka Rakor TPID dan Satgas Pangan Babel di Ruang Pertemuan Rumah Makan Gale-Gale, Kamis (28/2/2019).

"Sektor pangan dan transportasi mempengaruhi inflasi bulan Januari. Untuk sektor pangan dipengaruhi sepuluh komoditas barang. Dari sepuluh tersebut, enam di antaranya produk lokal," kata Sekda Yan Megawandi.

Lebih jauh Sekda Yan Megawandi menjelaskan, sejumlah produk lokal tersebut merupakan hasil laut. Sedangkan empat komoditas lainnya yakni, daging ayam, telur, beras, dan bawang merah. Menyikapi hal ini, perlu menjaga tingkat inflasi dan stabilitas harga pangan.

"Apalagi sekarang kita akan menghadapi bulan Ramadan. Untuk menjaga inflasi perlu membuat alternatif pelabuhan, sehingga proses bongkar muat barang tidak terganggu," kata Sekda Yan Megawandi.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung Tatang menjelaskan, inflasi di Pangkalpinang 0,93 persen (mtm) menurun dibandingkan bulan Desember 2018 yang tercatat inflasi 1,88 persen. Secara tahunan inflasi Pangkalpinang berada di angka 3,10 persen. 

"Angka ini menurun dari sebelumnya yang tercatat 3,34 persen. Secara tahunan Bangka Belitung mengalami inflasi 2,56 persen. Angka ini menurun dibanding April 2017 yang berada diangka 8,37 persen," papar Tatang.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com