• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


LKPJ Bupati Basel TA 2018 Belum Disampaikan

Klikbabel
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bangka Selatan (Basel) TA 2018 hingga saat ini belum disampaikan oleh pihak eksekutif kepada legislatif. Padahal, penyampaian LPKJ tersebut wajib disampaikan.

Klik Juga : Saham PT Timah di Jajaran Top Gainers

Merujuk pada peraturan perundang-undangan, sudah seharusnya pemerintah kabupaten menyampaikan LKPJ bupati dalam waktu 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir sebagaimana PP Nomor 3 tahun 2007. "Pada ayat (1) berbunyi bahwa LKPJ akhir tahun anggaran disampaikan kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Kami sebagai Komisi I DPRD Basel yang membidangi pemerintahan mengingatkan kembali agar segera disampaikan," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Basel Samsir, Senin (25/2/2019).

Sementara, saat ini sudah memasuki pekan terakhir bulan Februari sehingga penyampaian LKPJ Bupati dari pemerintah kabupaten dan masih menyisakan kurang lebih waktu 1 bulan lebih waktu terakhir penyampaian LKPJ kepada DPRD. "Kalau sudah disampaikan, kami akan membahasnya (LKPJ, red) untuk dievaluasi dan akan direkomendasikan hasil evaluasinya dalam bentuk keputusan dewan. Dengan limit waktu 30 hari setelah LKPJ disampaikan," sebutnya.

Dalam regulasi hukumnya, jika setelah disampaikan 30 hari tidak ada rekomendasi berupa keputusan, maka dianggap tidak ada rekomendasi. Diakuinya, rekomendasi legislatif dalam bentuk keputusan menjadi sangat penting sebagai perwujudan fungsi pengawasan terhadap jalannya pemerintahan.

"Sehingga dapat dijadikan masukan oleh pemerintah kabupaten dalam rangka perbaikan kinerja pemerintah basel kedepan. Dan pemerintah kabupaten harus menjndaklanjuti rekomendasi yang disampaikan dewan dalam bentuk keputusan itu," paparnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com