• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Satelit Nusantara Satu Milik Indonesia "Mengangkasa" Besok

Kamis, 21 Februari 2019 | 13:10 WIB
Satelite Nusantara Satu
Loading...

Klikbabel.com, Florida - Setelah melakukan sejumlah persiapan, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menjadwalkan peluncuran satelit Nusantara Satu pada Jumat, 21 Februari 2019 di Cape Canaveral, Florida Amerika Serikat sekitar pukul 20.45 waktu setempat, atau Sabtu, 22 Februari pukul 08.45 WIB.

Sekadar informasi, Nusantara Satu merupakan satelit Indonesia pertama yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) berkapasitas hingga 15 Gbps. Teknologi ini diyakini mampu memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan satelit konvensional yang saat ini ada di Indonesia. “Fungsi satelit berteknologi HTS dengan satelit konvensional sebetulnya sama. Namun adanya multiple beam ini membuat kapasitas bandwidth yang berada di satelit konvensional menjadi berkali-kali lipat atau multiple capacity,” ungkap pengamat telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Effendi, Kamis (21/2/2019).

Rencananya, peluncuran Satelit Nusantara Satu akan menggunakan roket pendorong buatan SpaceX, Falcon 9. Selain itu, PSN juga sudah melakukan berbagai persiapan jelang peluncuran ini, seperti pemasangan stage 1 dan stage 2 Falcon 9 ke Transport Erector pada 16 Februari 2019, dan uji static fire untuk melihat kesiapan dari mesin, sistem pendukung misi di darat, serta tim peluncuran SpaceX dan SSL pada 19 Februari 2019. Di sisi lain, PSN menargetkan bahwa Nusantara Satu akan mulai beroperasi pada April 2019 dan diharapkan mampu mengurangi kesenjangan jaringan komunikasi yang belum merata di seluruh Indonesia.

"Kebutuhan internet atau broadband sangat tinggi. Perkiraan kami, ada 25 ribu desa yang tidak memiliki koneksi komunikasi internet memadai. Target kami membantu mencakup mereka," ujar Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso. Selain itu, Nusantara Satu juga akan menjadi satelit yang disewa BAKTI untuk kebutuhan internet di wilayah yang tidak terjangkau kabel serat optik sambil menunggu rampungnya satelit multifungsi yang dijadwalkan rampung pada 2023.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com