• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Karet Berhenti Naik

Kamis, 21 Februari 2019 | 14:24 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Harga karet pada hari Kamis ini (21/2/2019) kembali melemah. Hingga pukul 12:30 WIB, harga karet kontrak Juli di pasar Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) turun 0,2% ke level JPY 197,1/kg. Namun pelemahan harga karet hari ini terjadi setelah 3 hari berturut-turut menguat tajam. Bahkan selama sepekan, harga karet sudah melonjak sebesar 6,8% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun 2019, harga komoditas ini sudah terangkat 15,8%. Harga karet masih terus mendapat sentimen positif dari optimisme damai dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Teranyar, hari ini Reuters mengabarkan bahwa kedua raksasa ekonomi dunia tersebut sudah menyepakati nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang memberi sinyal positif menuju damai dagang. China juga disebut telah sepakat untuk memangkas surplus perdagangannya dengan AS. Bahkan China akan membuat daftar barang yang bisa membuat perdagangan kedua negara lebih seimbang.

Bila damai dagang benar-benar bisa direalisasi dalam waktu dekat, maka arus pasokan global bisa kembali digas. Jepang yang sudah terdampak cukup parah akibat damai dagang bisa kembali menggenjot sektor manufakturnya. Alhasil, investor kembali optimis permintaan karet dapat meningkat.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC