• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BI Naikkan atau Pertahankan Suku Bunga?

Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Bank Indonesia akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Februari pada hari ini, Kamis (21/2/2019). Adapun rapat tersebut berlangsung berlangsung sejak 16-17 Februari 2019. Dalam rapat bulanan awal tahun ini, dewan gubernur BI akan mengumumkan beberapa kebijakan moneter bank sentral. Salah satunya kebijakan moneter yang akan mereka umumkan adalah suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate).

Klik Juga : The Fed Galau, Suku Bunga Bisa Naik

Di mana Bank Sentral akan mengumumkan keputusan mereka untuk menahan, menurunkan atau menaikkan suku bunga acuannya. Sebelumnya pada RDG bulan Januari, Bank Sentral memutuskan untuk menahan suku bunga acuan tetap di level 6%.

Hal ini didorong kurs Rupiah yang cukup stabil akibat arah kebijakan Bank Sentral AS, The Fed yang cenderung lebih dovish atau menunda kenaikan suku bunga AS (Fed Fund Rate/FFR) pada tahun ini.  Adapun sepanjang tahun 2018, The Fed telah menaikkan FFR sebanyak 4 kali. Kebijakan itu direspons BI dengan suku bunga acuan sebanyak 175 bps sepanjang 2018. Kenaikan itu terjadi pada RDG BI bulan Mei, Juni, Agustus, September dan November.

Menutup tahun, yakni pada RDG BI bulan Desember memang diputuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 6%. Sehingga saat ini suku bunga Deposit Facility (DF) berada di level 5,25% dan Lending Facility (LF) pada level 6,75%.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com