• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Justiar Harap Jembatan Bangka-Sumatera Segera Terealisasi

Bupati Basel Justiar Noer. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Berbagai administrasi yang diminta oleh pemerintah pusat dan investor telah dipersiapkan Pemkab Basel untuk merealisasikan pembangunan Jembatan Bangka-Sumatera (Bahtera) yang menghubungkan Pulau Bangka dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kami harap dapat terealisasi dan tetap berlanjut karena dinilai dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Pulau Bangka. Bersama Pemprov, kami terus mempersiapkan berbagai administrasi serta investasi untuk memperlancar prosesnya," harap Bupati Basel Justiar Noer, Rabu (20/2).

Selain pertumbuhan ekonomi lebih pesat, dampak positif lain dengan adanya Jembatan Bahtera ialaj pasokan sembako ke Pulau Bangka lebih lancar sehingga harganya lehih murah. Lalu, hasil komoditas masyarakat Bangka khususnya Basel dapat lebih mudah dijual keluar daerah dengan harga yang lebih baik.

"Sehingga dapat menekan Inflasi daerah. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Pemerintah daerah pun akan dapat PAD nya, yang jelas jembatan sangat memberikan manfaat bagi kita,” papar Justiar.

Jembatan Bahtera rencana akan dibangun  sepanjang 13 kilometer yang  menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera, tepatnya di Desa Sebagin, Kecamatan Simpangrimba Kabupaten Bangka Selatan, dengan Selapan, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Rencana pembangunan jembatan tersebut sebelumnya direncanakan diera Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi, dan rencana tersebut Rustam bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin melakukan kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MOU).

Tahun ini 2019, rencananya pembangunan Jembatan Bahtera akan memasuki tahap feasibility study (fs). Dan pemerintah mengajukan Jembatan Bahtera ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga dapat dibiayai APBN dengan skema multiyears.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com