• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tips Agar tak Gampang Ngantuk Saat Bekerja

Senin, 18 Februari 2019 | 09:42 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Jakarta - Anda kerap merasa di tengah kesibukan justru ngantuk saat bekerja? Masalah seperti ini memang cukup banyak terjadi dan sayangnya tidak selalu dapat teratasi. Padahal, ketika tubuh sudah tidak lagi terasa segar, produktivitas kerja otomatis akan menurun.

Klik juga : SMA Muhammadiyah Toboali Bangga Anak Didik Raih Prestasi di Lomba MRSF

Agar performa dalam bekerja selalu terjaga, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengusir rasa ngantuk yang datang mengganggu, dikutip dari klikdokter.com, Senin (18/2/2019) berikut tipsnya.

Perhatikan pilihan menu sarapan
Rasa kantuk yang dialami di siang hari bisa berawal dari kesalahan pilihan menu makan di pagi harinya. Hati-hati, porsi karbohidrat yang berlebihan justu dapat menjadi bumerang bagi cadangan energi seharian. Apalagi bila karbohidrat tersebut merupakan karbohidrat simpleks, seperti bubur ayam, nasi uduk, dan ketoprak.

Ketiganya memang sudah jadi menu khas sarapan sebagian orang Indonesia. Namun, dominasi karbohidrat simpleks dalam makanan tersebut tidaklah baik untuk kesehatan. Mereka dapat dengan cepat mendongkrak energi, namun sayangnya hanya berlangsung sesaat. Setelahnya, energi dalam tubuh akan langsung menurun drastis dan meninggalkan rasa lemas serta ngantuk.

Agar hal ini tidak terjadi, pastikan waktu makan pagi diisi dengan variasi karbohidrat komples, protein serta serat. Roti gandum, oatmeal, atau nasi merah dapat dijadikan pilihan agar tubuh terbebas dari rasa kantuk dan tetap segar selama menjalani aktivitas.

Pastikan cahaya dan sirkulasi udara cukup dalam ruangan
Pencahayaan dan sirkulasi udara dalam ruangan juga harus diperhatikan bila kerap terserang kantuk saat bekerja. Apakah pencahayaan di ruangan tersebut cukup terang? Apakah sirkulasi udara di dalamnya memadai?

Bila memungkinkan, bekerjalah di luar ruangan sekali waktu agar memperoleh suntikan udara segar setelah seharian bekerja di dalam ruangan. Udara segar yang kaya akan oksigen ini sangat dibutuhkan tubuh dan otak agar tetap merasa segar dan bebas ngantuk dalam bekerja.

Tetap aktif bergerak
Salah satu kesalahan yang membuahkan ngantuk saat bekerja adalah duduk diam seharian. Walaupun pekerjaan mengharuskan Anda ada di balik meja, aktif bergerak mutlak tetap harus dilakukan. Ketika ruang kerja berada di lantai atas, alih-alih naik menggunakan elevator, naiklah ke ruang kerja menggunakan tangga.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membeli makan siang dengan berjalan kaki sendiri atau menghampiri rekan ketika ada hal yang perlu didiskusikan. Usahakan juga melakukan stretching, serta berjalan-jalan selama setidaknya 10 menit setelah 2 jam lamanya duduk di ruang kerja.

Cukup minum air putih
Apa hubungannya? Ternyata sangat berhubungan. Untuk bekerja dengan optimal, tubuh butuh aliran darah yang lancar. Salah satu yang memegang peran kunci dalam lancarnya aliran darah adalah asupan air putih dalam porsi yang mencukupi.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 liter air setiap harinya. Jumlah ini bisa lebih besar bila aktivitas banyak menguras keringat dan kerap dilakukan di luar ruangan. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, aliran darah ke organ penting seperti anggota gerak dan otak juga akan terhambat. Akibatnya, tubuh terasa lemas, ngantuk, dan tidak fokus saat menyelesaikan tugas harian.

Berbagai tips ini dapat menjadi kunci untuk menjaga kesegaran dan performa dalam bekerja. Jangan sampai ngantuk saat bekerja menyerang dan membuat kualitas kerja menurun. Selamat mencoba, ya!

Loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : klikdokter.com