• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bupati Bangka Imbau Penerima Dana Hibah berikan Laporan

Senin, 18 Februari 2019 | 21:02 WIB
Bupati Bangka Mulkan. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka, menggelar kegiatan Sosialisasi Bantuan Dana Hibah Tahun Angggaran (TA) 2019, Senin (18/02/2019) di OR Bina Praja Setda Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan dalam kesempatan tersebut mengatakan, dana hibah merupakan dana sosial yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka kepada masyarakat yang membutuhkan.

''Untuk bapak ibu penerima bantuan hibah, administrasikan dengan baik. Jadi kalau ada kegiatan renovasi, rapat atau kegiatan yang lainnya, silahkan bukti-buktinya disiapkan, nota pembeliannya, ordernya, yang menerima dan yang lainnya,''jelasnya.

Pemberian bantuan hibah ini, dikatakannya, bukan bantuan lepas tanpa ada laporan. ''Tetap ada laporan, dan audit dari penyelenggara Negara seperti BPK atau BPKP nantinya,''ungkap Mulkan.

Menurutnya, para penerima bantuan hibah TA 2019 ini, merupakan hasil seleksi dari Pemkab Bangka, dimana para penerima bantuan tersebut, telah mengajukan proposal permohonan ditahun sebelumnya.

Ia melanjutkan, para penerima bantuan hibah ini, akan dimonitoring dan dievaluasi oleh Pemkab Bangka, guna mengetahui apakah penerima bantuan tersebut sesuai dengan proposal yang ada. ''Kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) , ketika bapak ibu sudah menerima bantuan dana hibah ini. Ini gunanya agar ketika pihak auditor mengecek, apakah BPK atau BPKP, kami sudah melakukan pekerjaan  movev tersebut,''pungkasnya.

Dasar pelaksanaan pemberian dana hibah sendiri, menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka Rahmani berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia nomor 123 tahun 2018 tentang pedoman pemberian dana hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBN dan APBD. 

Selain itu juga berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Bangka no 23 tahun 2016 tentang perubahan Peraturan Bupati Bangka no. 1 tahun 2013. ''Disitu dijelaskan tentang tata cara pengelolaan subsidi, Bank dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD,''pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com