• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Sayur Naik Akibat Cuaca Tak Menentu

Jumat, 15 Februari 2019 | 13:14 WIB
Berbagai jenis sayuran di lapak Aan, pedagang sayur. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Kondisi cuaca yang masih terbilang tak menentu hingga saat ini di wilayah Kabupaten Bangka, membuat harga sayuran mengalami kenaikan. Hal tersebut berdasarkan pantauan klikbabel.com, Jumat (15/2/2018) di Pasar Kite Sungailiat. Keadaan cuaca yang lebih didominasi dengan curah hujan beberapa waktu lalu yang saat ini melanda wilayah Kabupaten Bangka, berdampak juga terhadap stok sayur.

Aan salah satu pedagang sayur di Pasar Kite Sungailiat mengatakan, untuk sekarang keberadaan sayuran jenis dedaunan, memang terbilang masih sedikit, karena para petani merasa sayuran yang mereka tanam pada masa tanam bulan kemarin banyak kelebihan pasokan air. ''Kata mereka banyak yang busuk, karena air hujan. Bulan kemarin kita memang dilanda hujan cukup banyak, jadi sayuran busuk,'' ungkapnya.

Lebih lanjut, saat ini harga sayuran daun, seperti bayam berada dikisaran Rp. 15.000,- per kilogram (kg). ''Sayur jenis daun seperti bayam itu kadang bisa Rp. 15.000,- kalau kangkung sampai Rp. 18.000,- per kilogramnya,''terangnya. Ia melanjutkan, sementara harga sayuran jenis buah, seperti mentimun, tomat dan lainnya, masih terbilang stabil, dengan harga yang masih seperti minggu kemarin. ''Timun itu dikisaran harga Rp. 3000,- hingga Rp. 4000,- per kg,''ungkapnya. Untuk Tomat sendiri, yang sempat juga mengalami kekurangan stok, sekarang ada dikisaran Rp. 8.000,- per kg.

Dirinya pun mengkhawatirkan, tidak menentunya kondisi cuaca yang terjadi berdampak dengan segi kualitas sayur. ''Mudah-mudahan lah nanti jangan kadang hujan tinggi, kadang panas lagi. Otomatis sayuran juga bisa tidak maksimal tumbuhnya,''pungkas pedagan sayur asal Sungailiat itu.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com