• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Perda Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan di Basel Dicabut

Kamis, 14 Februari 2019 | 14:18 WIB
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel Eddy Supriyadi. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Tidak relevennya Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini akhirnya resmi dicabut dan digantikan dengan Perda yang baru. Dimana Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tersebut telah diajukan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Basel Eddy Supriyadi mengungkapkan, adanya perubahan Undang-undang Nomor 23  tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah membuat Perda tadi sudah tidak relevan lagi.

"Undang-undang Nomor 23 tahun 2014  dikeluarkan untuk menggantikan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan, ketatanegaraan. Serta tuntutan pernyelenggaraan pemerintahan daerah," ujarnya, Kamis (14/2).

Edo, sapaan akrabnya menyebutkan, salah satu perubahan pada kewenangan pendidikan tersebut diuraikan pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) saat ini telah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan bukan kabupaten lagi.

"Disinilah letak ketidaksesuaiannya, substansi Raperda yang baru merubah lebih dari 50 persen atas Perda yang lama sehingga perlu dibuat Perda baru dan Perda lama dicabut," jelas dia.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com