• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pembangunan Pabrik CPO di Desa Bedengung Terkendala Izin

Kamis, 14 Februari 2019 | 11:37 WIB
Sekretaris DPPP Basel Rizal (Ist)

Klikbabel.com, Payung - Kepala Dinas Pertanian Pangan Dan Perikanan (DPPP) Basel, Suhadi melalui Sekretaris Dinas, Rizal membenarkan tidak mulusnya rencana pembangunan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit Crude Palm Oil (CPO) yang berada di Desa Bedengung Kecamatan Payung.

"Rencana pembangunan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit CPO sepertinya tak bisa berjalan dengan lancar, sebab dilokasi yang rencananya akan digunakan untuk mendirikan pabrik CPO itu ternyata masih ada perizinan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sebelumnya yang masih aktif," ujarnya, Kamis (14/2).

Dia menambahkan, PT Bangka Plasma Besaoh perusahaan yang masih memegang izin aktif diatas lokasi itu sehingga pihaknya tidak berani memberikan rekomendasi rencana pembangunan pabrik CPO tersebut dan jikalau izinnya dikeluarkan akan terjadi tumpang tindih perizinan.

"Itu kan tidak boleh. Kalau nantinya kita paksakan keluarkan rekomendasi izin pasti akan bermasalah. Karena pihak PT Bangka Plasma  Besaoh mengantongi izin yang masih aktif. Jika pembangunan  pabrik CPO kita teruskan,  bisa-bisa PT Bangka Plasma Besaoh akan menggugat kami nantinya," paparnya. 

Dinasnya, lanjut Rizal akan selalu mendukung apapun bentuk investasi di daerah terutama di bidang pertanian, pangan dan perikanan. Kendati demikian, pihaknya tetap mengacu kepada regulasi aturan yang telah ditetapkan dan menghormati pemilik izin lainnya di lokasi yang sama.

"Kita harus menghormati yang sudah terlebih dahulu mengantongi izin agar tidak menimbulkan kegaduhan yang berdampak kepada masalah hukum dikemudian hari," tuturnya.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com