• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemadam Kebakaran Bangka Datangi SMAN 1 Sungailiat, Ada Apa?

Kamis, 14 Februari 2019 | 13:02 WIB
Simulasi latihan pemadam kebakaran oleh siswa SMAN 1 Sungailiat. Foto ; Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Simulasi pembelajaran pemadaman api diikuti para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sungailiat, Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (14/2/2019).

Simulasi diberikan langsung oleh Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka.

Kabid Penanggulangan Bencana, Satpol PP, Fauzi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan permintaan langsung dari pihak sekolah. ''Ini permintaan dari sekolah langsung kepada kami, agar memberikan pembelajaran kepada siswa,''jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam kegiatan itu juga diberikan sosialisasi siaga dan tanggap darurat bencana kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 tersebut. Dimana, memang sesuai dengan aturannya, setiap sekolah harus melaksanakan kegiatan terkait masalah simulasi bencana ataupun kebakaran. 

Karena menurutnya, memang wajib untuk pihak sekolah minimal 1 tahun sekali, para siswa perlu diberi pengetahuan tentang penanggulangan bencana, termasuk bencana kebakaran. ''Mengingatkan mereka agar tahu cara penanggulangan bencana. Seperti kebakaran, minimal para siswa tahu cara memadamkan api didalam keadaan darurat,''terangnya.

Diberikan juga materi mengenai bencana apa saja yang biasanya terjadi di daerah  Misalkan bencana banjir, terjadinya angin puting beliung dan kebakaran. ''Yang jelas, ini untuk mereka sendiri khususnya yang mendengar ataupun mengikuti, minimal mereka tahu, Oh saya harus berbuat apa ketika tejadi angin beliung dan sebagainya,''tambah Fauzi.

Sementara itu, Sinta selaku staf SMA Negeri 1 Sungailiat, juga menyampaikan ucapat terima kasihnnya kepada pihak Satpol PP Kabupaten Bangka, dalam hal ini pemadam kebakaran yang telah memberikan pemahaman bagi para siswa-siswi tentang penanggulangan bencana.

Sinta menambahkan, dengan materi yang telah disampaikan tersebut, agar para siswa mendapat pembelajaran penting tentang penyelamatan diri, penanggulangan bencana, serta cara memadamkan api bencana kebakaran.

''Agar siswa disini juga mengetahui disaat seorang petugas kebakaran melakukan evakuasi, langkah-langkah apa saja yang benar-benar diperlukan, seperti di bencana kebakaran,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com