• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Syahbudin Ingin Peraturan Desa Dikonsultasikan ke Masyarakat

Rabu, 13 Februari 2019 | 13:13 WIB
Wakil Bupati Bangka Syahbudin. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin meminta Rancangan Peraturan Desa (Perdes) wajib dikonsultasikan serta disebarluaskan oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Hal tersebut harus dilakukan oleh pemdes bersangkutan terhitung sejak tersusunnya rancangan hingga waktu penetapan perdes itu. "Peraturan Desa wajib disebarluaskan oleh Pemdes sejak disusun hingga ditetapkan,'' jelasnya, Rabu (13/2/2019).

Klik Juga : Sandiaga Uno: Saya Memang Anak Mami

Ia melanjutkan, dibutuhkan juga peran masyarakat didalam perancangan Perdes guna memberi pemahaman terhadap mereka sehingga masyarakat dapat aktif dalam pengawasan Perdes tersebut. "Itu dilakukan, agar masyarakat desa dapat mengetahui dan terlibat aktif dalam proses penyusunan dan pengawasan Peraturan Desa tersebut,"ucap Syahbudin.

Dirinya pun mengimbau kepada para aparat desa harus dapat mengaplikasikan ilmu mereka agar melahirkan perdes yang sesuai kebutuhan masyarakat desa. Selain itu, Sekretaris Desa (Sekdes) juga diminta untuk dapat memahami ketentuan dan kegunaan Perdes yang telah disusun untuk kemajuan desa serta kepentingan masyarakat. "Sangat penting bagi Sekdes untuk dapat memahami dan menjalankan ketentuan yang berhubungan dengan masyarakat. Yang dapat mencerminkan kebutuhan masyarakat yang dihasilkan melalui pembangunan secara Partisipatif di desa nantinya," tutup Syahbudin.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com