• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rusdi Singgung Anggota DPRD Dapil Gerunggang - Taman Sari tidak Ikut Musrenbang

Rabu, 13 Februari 2019 | 23:25 WIB
Suasana kegiatan Musrenbang Kecamatan Gerunggang. (Foto : Aditya/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), ada baiknya harus dihadiri oleh anggota DPRD Kota Pangkalpinang, karena menghadiri Musrenbang merupakan salah satu kewajiban anggota DPRD.

Klik juga : Rumah Jokowi Ternyata Pernah Digusur

Hal ini ditegaskan oleh salah satu anggota DPRD Kota Pangkalpinang, M Rusdi saat menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, di ruang pertemuan kecamatan Gerunggang, Rabu (13/2/2019).

"Saya ini sudah malu sebenarnya mau datang kesini, karena anggota DPRD yang dari Dapil Gerunggang dan Taman Sari ada sembilan, tapi tidak tahu kenapa tidak hadir, apakah kurang menarik atau apakah takut. Padahal sudah di undang semua, karena Musrenbang ini tidak ada tunjangan transportasinya, tapi kalau reses ada dan saya yakin pasti ramai anggota DPRD yang hadir," ungkapnya.

Lanjutnya, sesuai dengan tupoksi anggota DPRD ialah melakukan penganggaran dan pengawasan, jadi menghadiri setiap kegiatan Musrenbang merupakan salah satu dari tiga kewajiban dari para anggota DPRD. "Seharusnya juga setiap kecamatan mempunyai dokumen hasil realisasi dari setiap Musrenbang ini. Tapi kenyataannya dokumen itu tidak ada. Jadi kita tidak tahu apakah usulan yang ada direalisasikan apa tidak. Dimana Musrenbang ini merupakan rangkuman seluruh usulan masyarakat yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah," sebutnya.

Katanya lagi, pengawas seluruh usulan yang terangkum dalam Musrenbang ini merupakan tugas dari anggota DPRD, dari mulai rembukan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota yang kemudian akan dilanjutkan ke DPRD untuk di Paripurna dalam bentuk dokumen yang nantinya akan dilaksanakan pada anggaran tersebut.

"Seperti kemarin untuk di Kecamatan Taman Sari ada 180 usulan yang dihasilkan dalam Musrenbang dan ini akan kita kawal bersama, apakah masuk atau tidak. Infrastruktur masih menjadi permasalahan yang cukup dominan dalam Musrenbang ini, tapi seharusnya Musrembang ini tidak semata-mata hanya mengusulkan infrastruktur, harusnya ada untuk pengembangan ekonomi dan permasalahan sosial," ungkapnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com