• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemilih Pemula Belum Masuk DPT Bisa Melapor ke PPS

Rabu, 13 Februari 2019 | 10:33 WIB
(Net)

Klikbabel.com, Payung - Sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan mengakomodir hak pemilih, khususnya pemilih pemula, KPU Basel melaksanakan program Goes to School dengan slogan "Bangga menjadi Pemilih ayo ke TPS". 

Ketua KPU Basel Amri memaparkan, sosialisasi pendidikan pemilih pemula dimulai dari SMKN 1 Kecamatan Payung yang diharapkan bertujuan sebagai wadah memberikan pemahaman kepada siswa siswi tentang tahapan Pemilu 2019 mendatang.

"Selain sekolah, sejumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Puskesmas di Basel turut kita disambangi. Disini kami memberikan pemahaman serta mengajak mereka untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih pada 17 April 2019 mendatang," katanya, Rabu (13/2).

Sosialiasi tersebut juga bertujuan mengakomodir hak pilih pemilih pemula. "Misalnya, mereka yang telah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP namun belum terdaftar di DPT, tetap bisa memberikan hak suaranya dengan cara melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS),  PPS ke KPU dan dimasukan ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)," lanjutnya. 

Dia menambahkan, bagi pelajar berusia 17 tahun namun belum memiliki E-KTP, diharapkan segera melakukan perekaman ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Basel.

 "Syarat pemilih itukan harus punya KTP Elektronik, jadi kalau yang sudah berusia 17 tapi belum punya KTP Elektronik segera melakukan perekaman," jelas Amri.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com