• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Luas Tanam, Panen & Produksi Padi Basel Meningkat, Namun NTP Memprihatinkan

Rabu, 13 Februari 2019 | 15:39 WIB
Temu wicara panen raya padi dan exspose inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Foto : Ist
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Pemkab Basel menggelar temu wicara panen raya padi dan exspose inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Selasa (13/2) di areal persawahan kebun percobaan Batubetumpang, Kecamatan Pulaubesar (Pulbes).

Bupati Basel Justiar Noer dalam sambutannya mengajak para petani untuk terus meningkatkan luas tanam, baik pada padi sawah maupun padi ladang dan pihaknya turut mengucapkan banyak terimakasih atas inisasi inovasi teknologi yang sudah dikembangkan oleh Balitbangtan.

"Berkat teknologi ini sektor pertanian sampai dengan saat ini dapat berkembang pesat. Akan tetapi, dibalik keberhasilan kita dalam meningkatkan luas tambah tanam, luas panen dan produksi tanaman pangan kita masih terhadap tingkat kesejahteraan rakyat petani yang semakin menurun," ungkap Justiar.

Hal ini tercermin, kata dia, pada salah satu indikator kesejahteraan petani yaitu Nilai Tukar Petani (NTP) yang dalam dekade terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berdasarkan rilis dari BPS Babel, NTP bulan Desember 2018 sebesar 84,41 atau mengalami penurunan sebesar 2,01 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 86,14.

 

"Penurunan NTP dikarenakan indeks harga yang diterima petani mengalami penurunan sebesar 1,62 persen dan indeks harga yang dibayar petani mengalami kenaikan sebesar 0,39 persen. Hal ini merupakan indikator yang menunjukkan bahwa harga komoditas yang dihasilkan mengalami penurunan," tambah dia.

Dengan kata lain, nilai jual produk pertanian mengalami penurunan. Ini perlu dicermati bersama dengan anjloknya harga Lada, Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, Karet dan komoditas lainnya khususnya di Basel dan umumnya di Babel sehingga mari mencarikan solusinya bersama-sama.

"Melalui kegiatan ini, mari kita selaraskan antara perkembangan dan kemajuan inovasi teknologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani," jelas orang nomor satu di pemerintahan Negeri Junjung Besaoh tersebut.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com