• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ini Tujuan 3 Raperda yang Telah Diparipurnakan DPRD Basel

Rabu, 13 Februari 2019 | 11:15 WIB
(Ist)
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) baru-baru ini menggelar rapat Paripurna penyampaian 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). 

Tiga Raperda tersebut ialah tentang penanaman modal, pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, perlindungan dan pemberdayaan petani dan nelayan. 

Ketua Bapemperda DPRD Basel, Samsir mengungkapkan, mengawali realisasi Program Pembuatan Peraturan Daerah (Propemperda), legislatif mengajukan dan menyampaikan 3 Raperda di triwulan pertama tahun anggaran 2019 ini. 

Dua diantaranya merupakan inisiatif dari eksekutif dan 1 lainnya dari Komisi II DPRD yang membidangi ekonomi pembangunan.

 "Raperda yang diinisiasi oleh eksekutif adalah Raperda penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan di mana SMA dan pendidikan tinggi bukanlah lagi menjadi wewenang kabupaten tetapi sudah menjadi wewenang provinsi. Sehingga perlu merubah Perda, namun dikarenakan perubahannya melebihi 50 persen maka harus dibuatkan yang baru dan mencabut Perda penyelenggaraan pendidikan yang lama," ujar Samsir, Rabu (13/2).

Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Komisi I DPRD tersebut menambahkan, Raperda yang diinisiasi oleh eksekutif yang kedua adalah tentang penanaman modal dimana Raperda ini muncul untuk menjamin keamanan investor dalam berinvestasi dan diharapkan bertambahnya daya saing Basel sebagai tempat yang aman dan menjadi pilihan para private sector dalam menanamkan modalnya.

"Terakhir, Perda pemberdayaan petani, nelayan dan pembudidaya ikan merupakan Raperda agar dapat memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana mereka. Menjamin kepastian usaha serta mengatur tata niaga hasil produksi dengan memberikan ganti rugi gagal panen dan sejumlah asuransi atas kegiatan mereka," ungkapnya. 

Lalu, kata politisi PKS tersebut munculnya keinginan yang muat untuk terus berproduksi tanpa harus takut rugi dan gagal panen karena sudah terjamin jika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Klikbabel.com