• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kini Bangka Selatan Punya Monument Gerhana Matahari Total

Selasa, 12 Februari 2019 | 14:26 WIB
Peresmian Museum atau Monument GMT di Bangka Selatan. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com


Klikbabel.com, Tukaksadai - Bertepatan dengan Hari Jadi Daerah ke-16, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) menggelar peresmian Monumen Gerhana Matahari Total (GMT) yang berada di Pantai Tanjungkerasak, Desa Pasirputih, Kecamatan Tukaksadai, Selasa (12/2).

Bupati Basel Justiar Noer menuturkan, berkaitan dengan fenomena alam GMT yang terjadi beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 9 Maret 2016, dimana GMT terlihat jelas dari Pantai Tanjungkerasak, maka dengan dukungan dari semua elemen masyarakat berinisiatif mengabadikan peristiwa tersebut. 

"Peristiwa itu diabadikan dalam bentuk monumen. Tujuan pembangunan monumen GMT selain untuk mengenang dan sebagai pengingat peristiwa langka yang bisa disaksikan langsung dengan jelas di Bangka Selatan, tepatnya di Pantai Tanjung Kerasak," jelas Justiar. 

Dia menambahkan, monumen ini tidak sekedar menjadi bangunan atau tugu serimonial saja, akan tetapi dapat menjadi tempat bagi para pengunjung mempelajari peristiwa GMT. Kedepannya, fungsi monumen juga dikembangkan sebagai museum dan memorabilia peristiwa GMT.

Sekedar diketahui, Monumen GMT yang dibangun di Pantai Tanjung Kerasak, Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai menghabiskan dana Rp 1,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, (APBD) tahun 2018 kemarin.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com