• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bangka Tengah Komit Dalam Budidaya Gaharu

Selasa, 12 Februari 2019 | 21:11 WIB
Pertemuan Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh dengan petani gaharu. Foto ; Faisal/klikbabel.com


Klikbabel.com, Koba - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh berdialog dengan para petani Gaharu di Kabupaten Bangka Tengah di ruang rapat VIP Kantor Bupati, Selasa (12/11/2019).

Dialog bertujuan untuk mendengar langsung dari para petani terkait kendala dalam melaksanakan dan mengembangkan potensi gaharu di Bangka Tengah.

"Di Jeddah harga gaharu dinilai sangat tinggi, saya berpikir ini potensial untuk dikembangkan. Apalagi di Bangka Tengah terkenal dengan gaharunya. Dengan pertemuan ini saya mengajak para petani untuk memberitahu apa saja kendala kita di lapangan dalam mengembangkannya," jelas bupati.

Saat ini sambung Ibnu, pemerintah sedang mengupayakan penjualan melalui via buyer agar gaharu terjual dengan harga lebih tinggi. Serta penambahan anggaran dalam membantu petani mengembangkan gaharu. 

"Apa yang dibutuhkan petani silakan beritahu saya, karena saya ingin membantu petani untuk memajukan gaharu di Bangka Tengah," ajaknya.

Bupati juga mengajak para petani untuk ikut pameran di Jeddah pada November 2019 nanti dan meminta untuk mempersiapkan produk gaharu dan souvenir khas Bangka Tengah. 

"Nanti saya ajak petani untuk membawa produknya ke Jeddah, kita pamerkan produk kita dengan ikut pameran disana, kalau bisa sekalian pergi umroh dari hasil keuntungan penjualan gaharu," harapnya.

Perwakilan petani gaharu Eko mengatakan, saat ini ia mengurus kebun gaharu 6000 batang di Kayu Besi dengan usia tanaman yang sudah 5 tahun. Dengan menghadiri pertemuan ini ia berharap dapat mengatahui program dan kebijakan Pemerintah Bangka Tengah dalam memajukan gaharu.

"Saya kurang paham tentang gaharu maka dari itu saya sebagai petani berharap dapat berkerja sama dengan dinas terkait untuk memberi tahu kami tentang informasi bibit dan metode pengembangannya," harapnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com