• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Diminta Serius Olah Lahan Pertanian

Senin, 11 Februari 2019 | 20:55 WIB
Wakil Bupati Bangka Syahbudin mencoba mesin perontok padi. Foto ; ist

 

Klikbabel.com, Riausilip - Panen padi sawah di Desa Banyuasin, Kecamatan Riau Silip, Bangka, Bangka Belitung dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Bangka dan Komandan Korem 045/Garuda Jaya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kegiatan tersebut juga merupakan masa panen 2018 - 2019 yang dilakukan petani di desa setempat. 

Wabup Bangka, Syahbudin mengatakan, pembangunan sektor pertanian sendiri memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. ''Pertanian juga merupakan sektor andalan perekonomian. Hal tersebut didasarkan atas kontribusi sektor pertanian yang dominan langsung maupun secara tidak langsung,"jelasnya, Senin (11/2/2019).

Sektor pertanian ini, dikatakan Syahbudin, bersifat tangguh dan memiliki cakupan besar di Kabupaten Bangka. Hal itu dilihat dengan wilayah 295.068 hektar (ha) dan mempunyai lahan pertanian seluas 112.284 ha, yang terdiri dari potensi lahan sawah seluas 4.410 ha.

Ia melanjutkan, dengan mempunyai potensi tersebut harus dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian secara optimal, agar penyediaan pangan khususnya padi akan terpenuhi.

''Perlu peran aktif petani dalam mengelola sawah dan ladang dengan baik, apabila tidak dikelola tentunya tidak akan memberikan sumbangan terhadap peningkatan produksi pertanian,"terangnya. 

Selain itu, pertumbuhan penduduk dari waktu ke waktu membutuhkan pangan yang juga meningkat, karena itu perlu disediakan kebutuhan pokok berupa pangan setiap saat agar tidak terjadi kekurangan pangan.

Untuk di Kabupaten Bangka sendiri, kebutuhan pangan berupa beras pada tahun 2018 jika dilihat dari jumlah penduduk 360.000 jiwa dengan kebutuhan akan beras perkapita 120 kg pertahun, seharusnya tersedia 43.200 ton beras.

''Itu untuk mengimbangi dan mengatasi kebutuhan pangan yang terus meningkat. Karena itu harus melakukan langkah-langkah kongkrit, guna meningkatkan dan melipatgandakan produksi bahan pangan padi,"tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com