• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Omset Toko Oleh-oleh di Bangka Turun 50 Persen Akibat Bagasi Berbayar

Senin, 11 Februari 2019 | 18:34 WIB
Toko Oleh-oleh Bumi Baru Sungailiat Bangka Belitung. Foto ; Rama/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Diterapkannya tarif bagasi berbayar dihampir seluruh maskapai penerbangan domestik, ternyata berimbas juga pada omset sektor usaha penyedia oleh-oleh yang ada di Kota Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung.

Amok, karyawan Toko Oleh-oleh Bumi Baru menilai, kebijakan itu membuat pihaknya mengalami kerugian. ''Kasihan sama kita, omset menurun,'' jelasnya, Senin (11/2/2019).

Ia melanjutkan, sampai saat ini, pemasukan dari hasil dagangannya berkurang hingga 50 persen dari biasanya. Omset itu, terhitung dari kurangnya masyarakat saat ini untuk membawa barang bawaan, termasuk oleh-oleh ketika mereka pulang melakukan kunjungan.

''Mereka pikir-pikir kalau mau bawa banyak. Misalnya, dulu barang yang mereka bawa bisa lima puluhan kilo (kilogram), sekarang jadi hanya bawa dua puluh kilo,''terangnya.

Penurunan omset hingga 50 persen itu, juga berdampak dengan pemesanan luar daerah yang biasanya membeli barang dagangan di Toko Bumi Baru.

Sebelumnya, banyak pesanan dari toko penyedia makanan khas Bangka yang ada di luar daerah, akan tetapi omset hasil pesanan dari toko makanan khas Bangka di luar daerah saat ini juga menurun.

''Sama menurunya, hingga setengah dari biasanya mereka pesan sebelum naiknya tarif kargo. Mereka pikir-pikir juga kalau pesan sekarang. Semogalah ada solusi dari pemerintah nanti,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com