• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BUMDes Selinsing Kembangkan Sapi Bersama PT Timah

Senin, 11 Februari 2019 | 12:08 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Manggar - Badan Usaha Milik Desa Selinsing, Kabupaten Belitung Timur, bermitra dengan PT Timah Tbk mengembangkan peternakan sapi di lahan bekas penambangan bijih timah, sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah itu. "Alhamdulillah, perkembangan tenak sapi di lahan bekas tambang ini berjalan dengan baik," kata Ketua Bumdes Selinsing, Muhammad Rais, Senin (11/2).

Ia mengatakan saat ini jumlah ternak sapi yang dikembangkan di lahan bekas tambang bijih timah ini sebanyak tujuh ekor dan sudah dapat mendukung pengembangan tanaman buah-buahan dan hortikultura di lahan tambang tersebut. "Kotoran sapi ini diolah menjadi pupuk untuk mendukung pengembangan berbagai tanaman di lahan bekas tambang ini," ujarnya.

Menurut dia, adanya pengembangan ternak sapi ini, sangat membantu Bumdes dalam mengoptimalkan pengembangan tanaman buah-buahan lokal, cabai, kacang panjang, bayam dan lainnya di lahan bekas penambangan bijih timah. "Alhamdulillah kita sangat terbantu untuk menekan biaya pemupukan tanaman di lahan bekas tambang ini," katanya.

Ia menambahkan apabila tanaman ini tidak dipupuk menggunakan kompos, maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman tersebut. "Tanaman di lahan bekas tambang ini membutuhkan pupuk kompos yang cukup banyak, karena lahan tersebut merupakan lahan kritis yang membutuhkan perawatan khusus," ujarnya.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com