• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lantik Kades Sempan, Bupati ingin Masyarakat Desa Sejahtera

Kamis, 07 Februari 2019 | 13:52 WIB
Bupati Bangka Mulkan bersama istri dan Kades Sempan Sastrawan bersama istri. Foto ; Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pemali - Kepala Desa (Kades) Sempan periode 2018-2020 Sastrawan, resmi dilantik dalam Pergantian Antar Waktu (PAW), Kamis (7/2/2019) hari ini.

Sebelumnya, Kades Sempan dijabat Imran Yunus alias Boim. Lantaran mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPRD Bangka, maka Boim mengundurkan diri.

Dalam amanatnya, Bupati Bangka Mulkan mengatakan, pemilihan PAW ini sendiri merupakan hasil musyawarah yang dilakukan antar desa beberapa waktu lalu. "PAW ini sudah melalui proses musyawarah antar desa pada 23 Desember 2018 lalu. Merupakan perwujudan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa,"jelasnya.

Pelantikan kades ini, dikatakannya, ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bangka No 188.46/290/dinsospemdes/2019 tanggal 29 Januari 2019. ''Tentang pemberhentian dan pengangkatan pergantian antar waktu kepala desa,''ucapnya.

Bupati juga mengarapkan para kades dapat menjaga keharmonisan dengan Badan Perwakilan Desa (BPD), tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lain-lain, untuk merancang Rencana Pembangunan Desa (RPDes) dengan bermusyawarah mufakat, dalam membangun desa.

Ia juga meminta kades untuk menghindari program pembangunan desa yang hanya memikirkan kepentingan kelompok atau golongan. Menurutnya, para kades harus kreatif dan inovatif agar dapat mewujudkan program dan visi misi Kabupaten Bangka. ''Harus jaga kondusifitas di desa dengan melibatkan seluruh masyarakat desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa,''terangnya.

Selain itu, BPD bersama kades harus merencanakan program-program pembangunan desa yang bertujuan untuk mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian, serta martabat desa. "Kades harus bersinergi dengan BPD dan masyarakat desa demi kesejahteraan desa yang mereka pimpin,"pungkasnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com