• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Alhamdulillah, 423 Pasukan Kuning sudah Dibekali BPJS Ketenagakerjaan

Kamis, 07 Februari 2019 | 14:01 WIB
Pasukan kuning dari DLH Pangkalpinang menerima secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan. (Foto : Aditya/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Pemerintah Kota (Pemkot) berupaya meningkatkan kesejahteraan para pekerjanya. Kali ini, sebanyak 423 orang pekerja kebersihan atau yang sering disebut pasukan kuning yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang diberikan perlindungan kesehatan melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Klik juga : Lantik Kades Sempan, Bupati ingin Masyarakat Desa Sejahtera

Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Iwansyah mengatakan, keikutsertaan para pasukan kuning ini ke BPJS ketenagakerjaan ini sebagai bukti bentuk kepedulian pemerintah terhadap pasukan kuning, dan juga menepis tanggapan miring masyarakat bahwa pasukan kuning tidak dibekali dengan BPJS.

"Sebenarnya keikutsertaan para pasukan kuning ini ke BPJS sudah sejak 2016 kemarin. Dan kartunya memang kami yang pegang dengan tujuan untuk mempermudah proses pengklaiman, jadi para pekerja tinggal melaporkan kami akan langsung mengurusnya. Tapi dianggap salah oleh oknum yang menyebutkan bahwa BPJS ini tidak disetorkan, makanya hari ini kami langsung serahkan langsung kepada para pekerja," bebernya, Kamis (7/2/2019).

Lanjut Iwansyah, klausul yang akan diterima oleh para pekerja ini ada dua, yaitu klausul kematian dan juga klausul kecelakaan kerja pada waktu bekerja dengan angsuran sebesar Rp 13.689/bulan. "Kalau untuk BPJS kesehatan memang saat ini para pekerja mengurusnya ke Dinas Kesehatan ataupun langsung ke kelurahan. Karena belum ada kita anggaran dan juga nantinya tumpang tindih dengan keikutsertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," sebutnya.

"Untuk permasalahan kehilangan kartu BPJS nantinya para pekerja tinggal melaporkan ke kami tapi juga dengan melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian langsung kami ajukan untuk pembuatan kartu yang baru," tambahnya.



Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com