• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sulap Lahan Bekas Penambangan untuk Budidaya Bawang Merah

Rabu, 06 Februari 2019 | 08:25 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Namang - Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah menyulap lahan bekas tambang menjadi budidaya bawang merah. Dilahan ini, satu ton bibit bawang merah ditanam. Kepala Desa Bukit Kijang Idryansyah mengatakan, pengembangan komoditas bawang merah dilakukan pada lahan bekas tambang bijih timah seluas lima hektare. "Ini sebagai upaya pemerintah desa dalam mengurangi ketergantungan pasokan bawang impor," kata dia .

Selain itu, pengembangan tanaman bawang ini dalam upaya memotivasi petani untuk lebih menekuni pertanian, karena memiliki prospek yang baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga. "Alhamdulillah ujicoba tanaman bawang berhasil dan ini membuktikan tanah kawasan bekas tambang ini cocok untuk tanaman tersebut," ujarnya.

Menurut dia, untuk mengoptimalkan pengolahan dan penanaman bawang ini, pihaknya sudah memesan mesin dan kompos, karena unsur hara tanah di lahan bekas tambang ini sudah berkurang. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bibit bawang tersebut sudah ditanam dan dikelola oleh kelompok tani di daerah ini," katanya.

Ia memperkirakan penanaman satu ton bawang ini bisa menghasilkan 10 ton bawang merah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pulau Bangka Belitung. "Saat ini kita juga sedang mempersiapkan koperasi penyuplai bawang merah untuk masyarakat provinsi ini, untuk memudahkan petani memasarkan hasil panennya," katanya.

Loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com