• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Siapa yang Mengelola Limbah Medis di Bangka? Klik Disini Jawabannya!

Rabu, 06 Februari 2019 | 16:20 WIB
Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Bangka, Anggia. Foto : Dok Pribadi
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, mengelola limbah medis yang berasal dari fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Bangka untuk memastikan keamanannya. Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Anggia menyatakan, Dinkes sampai saat ini terus melakukan pengawasan dari limbah medis yang saat ini banyak terdapat dari faskes. Seperti puskesmas, rumah sakit termasuk fasilitas kesehatan mandiri, swasta dan lainnya.

"Untuk pengolahan limbah medis, Dinkes bekerjasama dengan pihak ketiga karena kita tidak punya sarana pengolahannya. Mereka akan mengambil sampah-sampah medis yang ada di puskesmas, lalu mereka akan menyimpannya. Apabila telah memenuhi syarat untuk dikirim akan dikirimkan," jelasnya, Rabu (6/2/2019). Ia melanjutkan, limbah medis tersebut, memang harus ditangani dengan sebaik mungkin, karena limbah medis yang diolah merupakan limbah yang mengandung mikroorganisme penyebab penyakit. ''Kalau kita buang sembarangan, khawatir akan terjadi penularan juga dari faskes itu,"ucapnya.

Pihak pengelola limbah itu, juga diberi penekanan agar mengelola limbah medis harus memenuhi standar seperti kendaraan untuk moda transportasinya. ''Kendaraan yang dipakai untuk mengangkut limbah medis tidak memakai kendaraan sembarangan,''ungkapnya. Ia melanjutkan, alasan untuk tidak memakai kendaraan sembarangan seperti motor, karena diharapkan sampah medis tidak beterbangan. ''Sehingga tidak terjadi sampah medis yang berterbangan dan lain-lain harus tertutup dan kedap air,''tutur Anggia.

Sementara itu, menurutnya sejauh ini hubungan kerja sama pihaknya dengan pihak ketiga yang mengelola limbah medis, masih berjalan sesuai dengan prosedur. Lebih lanjut, Ia menyampaikan, faskes swasta yang ada di daerah-daerah juga tetap diawasi pihaknya melalui Puskesmas yang ada di wilayah faskes. ''Dinas Kesehatan meminta Puskesmas untuk mengawasi faskes-faskes swasta sebagai mitranya dalam pengelolaan limbah medis itu,''tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com