• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PU Upayakan Jembatan Emas Terbuka Malam Ini

Rabu, 06 Februari 2019 | 13:57 WIB
Para pejabat Pemprov Babel saat melintasi jembatan Emas, Bangka. (Foto : babelprov.go.id)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Sejak mengalami kerusakan pada sistem bascule atau buka-tutup pada jembatan Emas, Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masih mengupayakan perbaikan, agar arus lalu lintas pelayaran yang akan masuk dan keluar dari pelabuhan Pangkalbalam kembali normal.

Klik juga : Proses Operasi Wajah Shiva akan Dibantu BP2KBP3A Bangka

Hingga saat ini, beberapa kapal bermuatan besar membatalkan keberangkatannya, seperti KM Star Belitung yang harus membatalkan pelayarannya menuju Tanjung Ru, Belitung yang seharusnya berangkat pada pukul 04.00 Wib tadi pagi. "Atas nama nahkoda, KM Star Belitung batal diberangkatkan sehubungan adanya kerusakan pada jembatan Emas, sehingga arus pelayaran tertutup tidak bisa dilayari kapal-kapal," ujar Kapten kapal KM Star Belitung, Saepudin, Rabu (6/2//2019).

Mereka pun mengharapkan agar Pemerintah cepat melakukan perbaikan agar arus perekonomian kembali normal. "Kami harus membatalkan pelayaran untuk mengurangi resiko, dan mengharapkan Pemerintah segera memperbaiki jembatan. Karena sangat penting bagi pelayaran dan perekonomian masyarakat Bangka dan sekitar," harapnya.

Menanggapi rusaknya jembatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Babel, Noviar Ishak menegaskan pihaknya masih melakukan perbaikan jembatan. "Masih dalam proses perbaikan, sesuai koordinasi kami dg KSOP dan Dishub, kami usahakan malam ini bisa dibuka," ujarnya kepada klikbabel.com.

Noviar mengungkapkan bahwa tidak semua kapal yang tidak bisa masuk melintasi jembatan Emas. "Kapal yang bisa lewat, kapal dengan ukuran tinggi efektif (seluruh badan sampai antena, tower dsb) dibawah 13m, diatas itu tidak bisa melintas," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com