• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pihak Kapal Minta Pelabuhan Pasir Padi Segera Terealisasi, Ini Alasannya

Rabu, 06 Februari 2019 | 10:31 WIB
Gerbang pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Pelabuhan Pangkalbalam yang menjadi satu-satunya pelabuhan sentral di Pangkalpinang dianggap sudah tidak mampu lagi untuk menampung banyaknya aktifitas yang ada. Sebagaimana diketahui, pelabuhan Pangkalbalam sebagai pusat beroperasinya naik-turun kapal muatan barang maupun penumpang.

Klik juga : Pegawai Pos Minta Ganti Direksi

Selain itu, faktor pendangkalan air sungai kerap menyulitkan kapal bermuatan besar untuk berlabuh, selain juga area yang sempit untuk kapal keluar, terlebih saat pelabuhan sedang ramai oleh kapal-kapal yang parkir.

Salah satu kapten kapal feri yang mengangkut penumpang, Saepudin kepada klikbabel.com, Rabu (6/2/2019) mengungkapkan bahwa kondisi pelabuhan Pangkalbalam memang sudah tidak layak lagi. Ia pun berharap agar Pemerintah dapat segera memindahkan pelabuhan ke kawasan Pasir Padi. Alasan harapannya agar pelabuhan dapat dipindahkan ke Pasir Padi, menurut Saepudin, agar kapal yang masuk tidak terkendala oleh air surut.

Kata Saepudin, luasnya wilayah Pasir Padi menjadi alasan lain yang harus menjadi faktor penilaian Pemerintah. Dengan dekatnya dermaga kapal penumpang dengan dermaga kapal muatan barang, mempengaruhi kenyamanan bagi penumpang. "Area yang luas dan dapat lebih berkembang, dan dermaga di Pangkalbalam berdekatan dengan dermaga tanker. Berbahaya bagi penumpang," sebutnya.

Faktor lain ditambahkannya, yakni dengan adanya jembatan Emas membuat kapal-kapal harus bergantian untuk keluar-masuk pelabuhan. Belum lagi, problem yang kerap dijumpai jembatan Emas, seperti yang baru-baru ini terjadi sistem bascule yang macet, tak menutup kemungkinan akan kembali terulang. "Tempat parkir kapal atau lego jangkar di alur Baturusa sangat sempit," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com