• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BI Babel ; Tekanan Ekonomi Tahun Ini Tak Seberat Tahun 2018

Jumat, 01 Februari 2019 | 06:23 WIB
Kepala BI Babel Tantan Heroika. Foto ; Rama/klikbabel.com

 

Klikbabel.com, Bandung - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung (Babel), Tantan Heroika memastikan jika tekanan ekonomi tahun 2019 tidaklah seberat tahun sebelumnya, 2018.

Pada tahun 2018 disampaikannya, tekanan yang melanda Indonesia sendiri cukup tinggi terhadap nilai tukar rupiah.

"Hal itu beriringan dengan menurunnya ekonomi Amerika, termasuk Cina yang memungkinkan Rupiah akan menguat kedepan," kata Tantan dalam acara Cavacity Building BI Babel di Bandung, Kamis (31/1/2019).

Menurut Tantan, pihaknya optimis akan pertumbuhan ekonomi tahun ini. "Kita masih optimis. Sehingga tidak ada cerita untuk lebih buruk dari tahun 2018. Maka dari itu, pada tahun 2019 harus lebih baik. Semoga pertumbuhan ekonomi kita dapat meningkat pada tahun ini,'' harapnya.

Sementara tingkat inflasi Babel pada Desember 2018 lalu, mengalami inflasi yang terkendali sebesar 3,18 persen. Dengan pencapaian tersebut, inflasi Babel kata dia, telah memenuhi target pancapaian inflasi pemerintah sebesar 2,5% hingga 4,5 persen.

Dalam kesempatan itu juga, Tantan sempat menyinggung peran BI sendiri berperan menjaga perekonomian di Indonesia dan tugas pokok BI sendiri. Menurut Tantan, BI menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. ''Agar masyarakat dapat terus menggunakan rupiah, BI akan terus menjaga nilai tukar rupiah, dimata valuta asing,''terangnya.

Selain itu, BI juga tetap berkolaborasi dengan pemerintah berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "BI sendiri bukan Perbankan, dan BI juga bukan Badan Usaha Milik Negara. BI berbeda dengan bank lainnya. Baik dari sisi kebijakan juga tidak tergantung dengan pemerintah. Dalam hal tugas dan kebijakannya tidak bisa diintervensi,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com