• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Lada Sekarang Hanya Rp46 Ribu, Permainan Buyers?

Kamis, 31 Januari 2019 | 15:55 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Harga salah satu komoditas andalan Provinsi Bangka Belitung, lada ternyata kini hanya Rp46 ribu per kilogram. Hal ini disampaikan salah satu petani lada Ridwan Thalib kepada klikbabel.com, Kamis (31/1/2019) siang. Menurut Ridwan, harga ini terus turun dari sebelumnya. "Bulan lalu masih Rp52 ribu. Ini turun lagi Rp46 ribu," keluh Ridwan.

Klik Juga : Pedagang di Trotoar Pasar Pagi Mulai Didata

Menurut dia, harga ini tentu tidak masuk akal lantaran biaya perawatan hingga panen tergolong tinggi. "Sempat tembus Rp70 ribu sebelum pilkada kemarin. Kini hanya Rp46 ribu," sesalnya. Ridwan menduga, terus merosotnya harga lada lantaran permainan buyer. Ia pun berharap, ada solusi nyata dari Pemprov Babel dalam hal ini gubernur dan DPRD Babel untuk memperjuangkan harga lada. "Kita tetap mendorong gubernur dan dewan untuk bersikap ke pusat. Karena ini sudah ada permainan di tingkat buyers," bebernya.

Ridwan mengaku, sampai saat ini ia masih menahan untuk menjual lada. Mengingat harga yang belum sebanding. "Biasanya kalau dolar naik, harga lada ikut naik. Dulu harga dolar masih Rp11 ribu, harga lada lumayan. Nah sekarang dolar Rp14 ribuan tapi tak berefek ke lada," ucapnya.

Senada, Petani asal Keceper, Kabupaten Bangka, Taufik mengaku, saat ini harga lada di Keceper Rp48 ribu. "Disini ada satu pengepul. Dibeli Rp48 ribu," kata dia. Namun Taufik mengaku, tidak lagi memiliki stok lada lantaran dijual saat harga masih tinggi beberapa waktu lalu. "Lah dijuel semue e," ujarnya terkekeh.  

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com