• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ajukan Kredit ke Bank Ribet, Benarkah?

Kamis, 31 Januari 2019 | 19:05 WIB
Pimpinan Cabang BNI Pangkalpinang Wira Wiriyanto saat sharing ilmu BPC HIPMI Pangkalpinang. Foto ; Klikbabel.com


Klikbabel.com, Pangkalpinang - Banyak dari pelaku usaha yang membutuhkan kredit, tapi enggan mengajukan kredit ke bank umum. Salah satu penyebabnya adalah persepsi pengajuan bank yang rumit.

"Ada sekitar 50 persen usaha yang membutuhkan kredit tapi mereka enggan ajukan kredit ke bank umum," kata Pimpinan Cabang BNI Pangkalpinang Wira Wiriyanto, saat sharing ilmu Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Pangkalpinang, Kamis (31/1/2019).

Menurut Wira, selain pengajuan yang rumit, pelaku usaha enggan ajukan kredit ke bank umum lantaran keputusan pengajuan membutuhkan waktu. "Selain itu juga persyaratannya cukup berat," tambahnya.

Padahal faktanya ditegaskan Wira, semua hanyalah persepsi. Ia membeberkan, persyaratan kredit di bank hanyalah izin usaha, NPWP dan tanah yang bersertifikat sebagai jaminan. "Tidak berat kok persyaratannya," kata dia.

Di lapangan masih menurut Wira, para pelaku usaha sebanyak 61 persen memiliki izin usaha dan 58 persen punya NPWP. "79 persen punya sertifikat tanah sebagai jaminan. Jadi sebenarnya pelaku usaha sudah memenuhi syarat untuk mengajukan kredit," bebernya.

Wira menegaskan, bank memiliki peran terhadap perkembangan UKM. Hal ini sesuai dengan defenisi dari bank itu sendiri.

Sementara, Ketua BPC HIPMI Pangkalpinang Dhimas Rinaldi mengaku berterima kasih atas kegiatan sharing ilmu ini. Ia berharap, bisa memberikan manfaat bagi anggota HIPMI Pangkalpinang dan lainnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com