• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


383 Unit Rumah Bangka Selatan Terima Bantuan Program Layak Huni

Kamis, 31 Januari 2019 | 09:00 WIB
Kepala DPKPLH Bangka Selatan Gatot Wibowo. Foto ; Devi Dwi/klikbabel.com
Loading...


Klikbabel.com, Toboali - Sebanyak 16 unit rumah milik masyarakat yang berada di Kecamatan Toboali, menerima bantuan program pembangunan rumah layak huni dengan kategori Pembangunan Baru (PB) yang didanai dari APBD Provinsi Babel pada tahun 2018. 

Sedangkan, bantuan yang diterima dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal sebagai program bedah rumah dari dana APBN dengan kategori peningkatan kualitas (PK) sebanyak 367 unit dengan rincian Rp 15 juta per unit tahun kemarin. 

"Kalau yang dari pusat 367 unit itu tahun kemarin tersebar di Kecamatan Airgegas meliputi Desa Bencah, Nyelanding dan Airbara. Kemudian di Kecamatan Pulaubesar meliputi Sumber Jaya Permai (Trans 4), Suka Jaya dan Batubetumpang," tutur Kepala DPKPLH Basel Gatot Wibowo, Kamis (31/1).

"Kalau di Kecamatan Payung meilputi Irat, Paku, Bedengung dan Pangkalbuluh. Sementara tahun 2019 PB dari APBD provinsi berkurang menjadi 10 unit dan yang mendapatkan masyarakat Lepong, karena belum pernah dapat bantuan. Kalau PK dari APBN bertambah menjadi 506 unit, naik jadi 17 juta," dia menambahkan. 

Gatot mengungkapkan, besaran pembangunan baru atau PB dari APBD provinsi tadi per unit bangunan dengan sistem kontraktual, HPS nya mendapatkan bantuan senilai Rp 60 juta dan bertambah menjadi Rp 67 juta pada tahun ini.

"Karena kategorinya PB, kriteria yang mendapatkan betul-betul kurang mampu. Bisa yang sepuh, tua, cacat, yang betul layak dibantu melalui surat dari provinsi, ke kita diserahkan kecamatan (Lepong), lalu diteruskan ke kades, menyeleksi. Kalau usia produktif dapatnya dari BSPS," ungkapnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com