• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pengidap HIV di Bangka Selatan Ada 7 Orang, Ini Rinciannya

Rabu, 30 Januari 2019 | 16:03 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Dua Pekerja Seks Komersial (PSK), satu Wanita Pria (Waria) dan empat berpasangan pengguna narkotika jarum suntik positif mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang ada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sepanjang tahun 2018.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel mencatat, rata-rata mereka yang terkena penyakit HIV itu berusia produktif atau sekitar 20 hingga 50 tahun.

"Namun angka itu dibandingkan tahun 2017 terjadi penurunan. Tahun 2017 kami mendata ada delapan orang warga yang terdeteksi mengidap HIV, artinya berkurang satu. Kalau AIDS belum ditemukan," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular DKPPKB Basel Rusdimanto, Rabu (30/1).

Untuk menekan penyebaran penyakit HIV, kata Rusdimanto, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi bahaya HIV ditingkat pelajar menengah atas, daerah lokalisasi dan sekrening di lokalisasi dan ibu hamil tentang bahaya penyakit HIV.

"Kami imbau agar masyarakat dapat setia pada pasangan masing-masing. Jangan gonta-ganti pasangan dan bagi yang di lokalisasi jangan lupa pakai alat pengaman sehingga HIV dapat diantisipasi. Serta bagi ibu hamil jangan lupa cek HIV di puskesmas," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com