• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Medsos Milik ASN & Kades Bangka Selatan Diawasi

Rabu, 30 Januari 2019 | 13:47 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Toboali - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa (Kades) di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan selalu diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sehingga tidak terlibat politik praktis.

 

Klik Juga : KPK Periksa Pejabat Bank BRI

Apalagi, pemilihan umum baik Pileg maupun Pilpres tahun ini akan berlangsung sudah tidak lama lagi. Namun dipastikan, sejauh ini di Kabupaten Basel belum ditemukan indikasi keterlibatan kampanye oleh ASN maupun Kades di Negeri Junjung Besaoh ini.

Ketua Bawaslu Basel Sahirin saat dimintai konfirmasi wartawan memaparkan, pihaknya saat ini sedang fokus melakukan pengawasan aktivitas ASN di media sosial dimana sejauh ini belum ada yang terindikasi berkampanye politik. "Untuk mengantisipasi terjadinya pelangaran pemilu yang dilakukan oleh ASN maupun Kades yang ada di Basel, kami telah melakukan sosialisasi dan memasang banner dan poster himbauan netralitas," sebutnya, Rabu (30/1).

"ASN harus tahu batasan dalam Pemilu. Seperti tidak terlibat dalam tim pemenangan, tidak mengambil tindakan atau keputusan yang dapat menguntungkan salah satu peserta pemilu. Hingga secara personal tidak menunjukkan sikap politik, baik secara terbuka atau melalui simbol-simbol," ujar Sahirin menambahkan.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, lanjut dia, ASN maupun pejabat pemerintah yang terlibat politik praktis dapat di pidanakan. Ketentuan itu telah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu sehingga ASN tidak boleh lalai dan harus lebih berhati-hati, sebab ada ancaman pidana jika terbukti terlibat politik praktis.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com