• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bangka Tengah Target Swasembada Bawang Merah

Rabu, 30 Januari 2019 | 19:09 WIB
Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh bersama lainnya memanen bawang merah. Foto ; Faisal/klikbabel.com

Klikbabel.com, Celuak - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menargetkan Bateng akan swasembada bawang merah pada tahun ini.

"Alternatif nyata ini harus kita kembangkan. Karena 2018 kemarin Bangka Tengah sudah memproduksi bawang mencapai 86,4 persen dari total konsumsi kebutuhan bawang merah oleh masyarakat Bangka Tengah. Maka itu insya Allah 2019 kita swasembada bawang merah," ujar Ibnu saat panen bawang merah di Desa Celuak, Bangka Tengah, Rabu (30/1/2019).

Menurut Ibnu, Bangka Tengah sudah seharusnya swasembada pada tahun 2019. Karena bantuan dari provinsi maupun pemerintah pusat meningkat tiap tahunnya ditambah sudah 28 desa yang sudah melaksanakan panen bawang merah ini.

"Sudah 28 desa yang melaksanakan panen bawang merah, artinya separuh masyarakat Bangka Tengah sudah paham pengetahuan dan keterampilan tentang bertanam bawang merah ini. Maka itu saya meminta untuk desa yang mempunyai potensi bertanam bawang merah, mari kita kembangkan agar swasembada tahun ini tercapai," tutupnya.

Sebelumnya, kelompok tani Berkah Abadi, Bangka Tengah melakukan panen bawang merah di Desa Celuak Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah.



Penulis  : Faisal
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com