• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tambang di Eks Kobatin Kembali Ditertibkan

Senin, 28 Januari 2019 | 22:11 WIB
Penertiban tambang ilegal oleh Polres Bangka Tengah dan Polsek Koba. Foto ; Faisal/klikbabel.com


Klikbabel.com, Koba - Polres Bangka Tengah dibantu jajaran Polsek Koba, kembali menertibkan para penambang TI Rajuk yang beroperasi di Kolong Kenari dan Pungguk (Exs Kobatin), Senin (28/01/2019).

Penertiban yang diikuti 60 personel gabungan Polres dan Polsek ini dipimpin langsung oleh Wakapolres Bangka Tengah Kompol Efendi Sugiarto.

"Menindaklanjuti laporan masyarakat dan perintah langsung bapak kapolres, hari ini kami kembali melakukan penertiban penambang ilegal jenis Rajuk di Kolong Kenari dan Pungguk," ujar wakapolres.

Ia menambahkan, pihaknya tetap memberi upaya secara persuasif yakni dengan memberikan imbauan dan perintah pembongkaran, karena mayoritas penambang masih merakit ponton untuk persiapan menambang.

"Kita masih pakai upaya pertama dengan memberi imbauan untuk bongkar karena daerah tersebut tidak punya izin untuk ditambang, bila dibiarkan berjalan, akan banyak dampak yang akan terjadi. Seperti banjir dan konflik sosial di masyarakat. Maka itu untuk mencegah itu semua kita tertibkan agar tidak ada lagi kegiatan penambangan ilegal disini," jelasnya kepada wartawan.

Saat disinggung adanya keterlibatan oknum, wakapolres mengatakan, Kalau keterlibatan oknum masih kita dalami. "Sampai saat ini masih kita dalami ada tidaknya keterlibatan oknum, pada dasarnya oknum ini fleksibel, bisa Oknum dari TNI, Polri, wartawan, bahkan masyarakat juga bisa di bilang oknum, nah untuk itu semua akan kita dalami lagi siapa - siapa saja yang bermain disini, tapi menurut laporan ada beberapa pemilik ponton diantaranya, Angga warga Koba, Balok Warga Berok, Afuk Warga Trubus. Kalau memang ada oknum yang bermain siapapun itu akan kita tindak tegas, sekali lagi saya minta hentikanlah aktivitas menambang disini, tolong pikirkan dampak kedepannya, demi kebaikan kita bersama," tukasnya.



Penulis  : Faisal
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com