• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pengelolaan Administrasi Keuangan Desa Harus Transparan

Senin, 28 Januari 2019 | 13:43 WIB
Bimtek sistem keuangan desa yang digelar Dinsospemdes Bangka. Foto ; Rama/klikbabel.com


Klikbabel.com, Sungailiat - Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), digelar Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka, kepada aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangka, Senin (28/1/2019) di Hotel Novilla, Kecamatan Sungailiat, Bangka.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin dalam kesempatan tersebut mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2018, seluruh aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kabupaten Bangka, dituntut untuk melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan desa secara transparan, akuntabel, partisipatif. ''Harus dilakukan dengan tertib, dan disiplin anggaran sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa,''jelasnya.

Ia melanjutkan, hal tersebut juga diatur dengan petunjuk pelaksanaan pengelolaan, berupa Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 serta petunjuk teknis berupa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Selain itu, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, telah menyediakan aplikasi sistem keuangan desa, dalam meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa, sehingga memudahkan perangkat desa dalam melakukan perencanaan pelaksanaan penatausahaan dan pelaporan. ''Itu merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP, untuk mempermudah sistem perencanaan dan pertanggungjawaban yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,''ungkapnya.

Syahbudin juga mengharapkan penggunaan aplikasi sistem keuangan desa dapat membantu desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan secara akuntabel transparan dan aplikatif. 

Aplikasi ini sendiri, didesain dengan sederhana dan dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan desa. ''Oleh karena itu kita ingin pengelolaan desa dapat dikelola dengan baik, sebagaimana yang diharapkan sesuai ketentuan perundang-undangan, dan memanfaatkan teknologi informasi ini dengan semaksimal mungkin, demi kemajuan desa,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com