• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Otak-otak, Kuliner Khas yang Diburu Wisatawan tapi Jarang Dijumpai di Tempat Wisata

Senin, 28 Januari 2019 | 19:47 WIB
Otak-otak Belinyu. Foto ; ist


Klikbabel.com, Sungailiat - Beberapa kuliner Bangka Belitung (Babel) saat ini mulai banyak dilirik masyarakat luar daerah. Tak terkecuali bagi para wisatawan saat berkunjung ke Babel sendiri. Salah satunya yaitu Otak-otak.

Kudapan yang terbuat dari bahan ikan berbungkus daun pisang yang dipanggang diatas bara api ini, sangat terkenal dan menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan.

Arifiandi, salah satu penggila otak-otak, asal Sungailiat mengatakan, dirinya sangat menyukai otak-otak sejak kecil. Ia pun mengaku, makanan asal Kecamatan Belinyu ini sangat populer saat ini, sebagai salah satu makanan yang paling dicari masyarakat luar. "Yang terkenal itu, otak-otak Belinyu, rasanya sangat khas. Teman saya asal berkunjung kesini pasti cari otak-otak,''jelasnya, Senin (28/1/2019).

Otak-otak sendiri, dikatakan Arif, sangat tersohor dan kebanyakan menjadi buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Belinyu khususnya, maupun Kabupaten Bangka. "Setahu saya, orang kalau datang ke Belinyu, selalu berburu otak-otak,''ucapnya.

Dengan telah diliriknya salah satu kudapan yang bisa dikatakan khas Babel ini, dirinya pun berharap, agar semakin lama, otak-otak dapat lebih terkenal di luar daerah, bahkan mancanegara. Hal itu juga dapat membantu perekonomian para penjual otak-otak di Bangka, karena bukan tidak mungkin, akan banyak pengunjung yang datang membeli. ''Pastinya, kalau mau diangkat sebenar-benarnya, otak-otak dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,''ucapnya.

Perhatian pemerintah untuk tergerak mempromosikan makanan khas Bangka, juga diharapkannya, sehingga ekonomi masyarakat pegiat otak-otak juga dapat meningkat.

Selain itu, promosi yang dilakukan sebenar-benarnya, juga sangat berguna demi melengkapi Belinyu menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Bangka dengan kuliner pendukung seperti Otak-otak.

"Kalau bisa, wisatawan yang main di pantai kan lapar, pasti mencari makanan, nah otak-otak ini bisa jadi pilihannya. Tapi sekarang masih jarang kita jumpai di tempat wisata,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com