• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Bangka Barat Kukuhkan 50 Relawan Demokrasi

Senin, 28 Januari 2019 | 20:39 WIB
Ketua KPU Bangka Barat Pardi. Foto ; Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat melakukan pengukuhan sekaligus bimbingan teknis terhadap 50 relawan demokrasi.

Relawan Demokrasi ini nantinya akan bekerja di 10 basis. Mulai dari pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, keagamaan, marjinal, pemilih yang berkebutuhan khusus, pemilih komunitas, disabilitas dan Pemilih netizen atau warganet.

"Target atau sasaran kami dari acara relawan demokrasi ini, setelah kita lakukan pengukuhan dilanjutkan dengan bimtek terkait tupoksi relawan demokrasi itu apa saja dilapangan," kata Ketua KPU Babar, Pardi, Senin (28/01/2019)

Pardi menjelaskan, materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah terkait dengan pentingnya pemilu. Menurutnya, hal ini yang paling mendasar. Ini adalah apatisme pemilih, karena sering kali orang acuh tak acuh untuk datang ke TPS, jadi dikatakan Pardi nantinya para relawan akan menjawab pertanyaan penting atau tidak pemilu itu kepada partisipan pemilih.

"Yang kedua adalah terkait dengan materi tentang kode etik selaku relawan demokrasi, jadi gimana seorang relawan harus bersikap ditengah masyarakat saat sedang bersosialisasi, jadi para relawan ini harus menjaga kemandirian, integritas non partisipan dan juga harus menyampaikan informasi secara keseluruhan," jelasnya.

Selain itu, Pardi menambahkan juga ada simulasi contoh surat suara, karena ini penting jadi relawannya harus tahu surat suara yang nanti akan digunakan itu bentuk dan contohnya seperti apa.

"Jangan sampai kita sosialisasi sama orang padahal kita sendiri tidak tahu contohnya surat suara itu seperti apa," tambahnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com