• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Anda Ingin Pensiun? Berikut Bisnis yang Cocok agar Dapur Tetap Ngebul

Minggu, 27 Januari 2019 | 10:10 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Memasuki masa pensiun, bisa jadi merupakan hal yang cukup menggelisahkan. Pasalnya, kegiatan yang biasanya dilakukan secara rutin dan produktif, seketika dihadapkan dengan rasa bosan karena hanya berdiam di rumah.

Masalah psikologis yang sering dialami orang-orang saat memasuki masa pensiun setelah dulunya memiliki jabatan dan kekuasaan disebut post power syndrome. Orang yang mengalami hal tersebut pada umumnya menunjukan gejala kecewa, bingung, kesepian, khawatir, dan merasa kosong.

Menurut aturan pemerintah di Indonesia, usia pensiun seseorang maksimalnya adalah 65 tahun. Walau sudah ada batasan tersebut, bukan berarti mereka tidak boleh menghasilkan pundi-pundi rupiah lagi.

Mengatasi post power syndrome salah satunya bisa dilakukan dengan memulai usaha pribadi. Selain kembali berpenghasilan, rutinitas yang dijalani pun akan membuat seseorang lebih terobat di masa pensiunnya.

Berikut beberapa jenis udaha yang menjanjikan di hari tua, dilansir dari laman CekAja, Sabtu (26/1/2019):

1. Budidaya sayur dan buah

Jika Anda memiliki hobi berkebun, jadikan hobi tersebut menjadi lahan usaha yang menjanjikan di masa pensiun ini.

Selain sayur-sayuran, budidaya buah-buahan adalah usaha lain yang bisa kita coba. Untuk memulai bisnis kita bisa membeli bibit tanaman yang harganya tidaklah terlalu mahal.

Beberapa contoh buah-buahan yang bisa dikembangkan diantaranya adalah jeruk manis, pisang, hingga buah naga. Bahkan untuk beberapa buah-buahan tertentu juga bisa dilakukan secara hidroponik, sehingga menghasilkah buah dengan kualitas organik.

2. Ternak

Prospek usaha ternak hampir tak pernah padam. Semua orang pasti membutuhkan berbagai hasil ternak, khususnya untuk dimakan.

Salah satu hewan ternak yang bisa dipilih sebagai lahan usaha adalah ikan lele. Memanen lele dari pertama kali benihnya ditebar tidak memerlukan waktu yang lama, yakni sekitar 3 bulan saja.

Setelah itu, lele ternakan Anda pun siap dijual. Berdasarkan survey harga tahun 2017, keuntungan ternak lele per 1000 ekor yang diperoleh biasanya sebesar Rp 2.060.000.

Tapi dalam sekali ternak, Anda bisa menjual hingga 10.000 ekor untuk mendapat keuntungan yang lebih lagi.

3. Rental mobil

Jika orangtua Anda memiliki lebih dari satu mobil, jangan biarkan mereka menjualnya. Nilai jual mobil selalu turun, daripada rugi lebih baik disewakan saja.

Bisnis rental mobil bakal tetap prospektif sepanjang masyarakat masih membutuhkan kendaraan untuk berpergian. Untuk yang memiliki modal lebih, tak ada salahnya menambah ‘armada’ dengan membeli mobil baru.

Kebanyakan perental mencari mobil dengan tipe mini bus. Mobil tersebut dianggap memiliki berbagai kelebihan yang menjadi satu.

Dari mulai daya tampung besar, kenyamanan, dan irit BBM. Soal harga sewa, tetapkan di angka Rp 300 ribu – Rp 400 ribu per 24 jam. Harga tersebut di luar bensin dan supir bila diperlukan.



Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com