• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Daging Kepiting di Basel Turun Jadi Rp120 Ribu

Jumat, 25 Januari 2019 | 12:39 WIB
Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Drastisnya penurunan harga daging kepiting yang ada di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) khususnya daerah Tanjung Sangkar dan Pulau Lepar dikeluhkan para nelayan yang biasa kesehariannya mencari kepiting di laut. 

Diketahui, penurunan harga daging kepiting ini mencapai 2 kali lipat dalam 1 bulan terakhir dimana harga sebelumnya mencapai Rp240.000/Kg menjadi Rp120.000/Kg saat ini. 

"Iya di semua wilayah, biasanya memang seperti itu, bulan-bulan ini produksinya banyak sehingga harga otomatis turun," ujar Kabid Perikanan DPPP Basel Abdulhaq, Jumat (25/1) kepada Klikbabel.com.

Disinggung soal solusi dari Pemda agar harga tetap stabil, Abdulhaq menegaskan bahwasannya permasalahan itu kembali lagi kepada berlakunya hukum pasar. Ketika harga turun, disisi lain produksi meningkat. "Siklus ini memang terjadi setiap tahunnya, penurunan drastis harga daging kepiting biasa terjadi di bulan Desember sampai April," sambung dia. 

Sedangkan, lanjutnya, untuk penjualan nelayan kepiting masih tetap menjual kepada langganan mereka, bisa juga dicari pembeli yang lebih tinggi. "Kepiting itu biasanya kalau size nya AA atau A, biasanya dijual ke PT, tapi kalau size nya di bawah size A, biasanya dikupas, diambil dagingnya. Harga daging rajungan inilah yang dikeluhkan oleh nelayan, karena harganya turun, daging rajungan ini juga dijual ke pengumpul dan dijual lagi ke perusahaan," jelasnya.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com