• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KPU Babar Akan Rekrut 55 Relawan Demokrasi

Kamis, 24 Januari 2019 | 10:53 WIB
Proses pendaftaran relawan demokrasi di KPU Bangka Barat. Foto : Ira/klikbabel.com
Loading...

Klikbabel.com, Muntok - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat akan membentuk relawan demokrasi. Hal ini dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu, meningkatkan proses pemilu dan mencegah golput.

Yulizar, Divisi SDM dan Parmas mengatakan, relawan demokrasi merupakan program dari KPU RI. "Jadi inikan sifatnya nasional, ini memang program KPU RI, jadi di setiap kabupaten kota dan provinsi harus menghadirkan relawan demokrasi, istilahnya itu mitra KPU untuk menyampaikan ke publik," katanya, Kamis (24/1/2019).

Klik Juga : Foto Detik-detik Ahok Bebas, Langsung Salam Tiga Jari

Yulizar menjelaskan jumlah peserta yang mendaftar untuk menjadi relawan demokrasi adalah 76 orang. Setiap kecamatan penempatan relawan demokrasi ada 7 sampai 8 orang dan ada 10 basis. "Untuk maksimal 55 relawan namun itu kita lihat sesuai kebutuhan kita dan kualitas dari relawan sendiri, setiap kecamatan akan ditempatkan 7 sampai 8 orang relawan demokrasi," jelasnya.

Dikatakan Yulizar, tugas relawan demokrasi secara teknis adalah mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pemilihan nanti. Lalu relawan tersebut akan memperkenalkan para calon, ada berapa surat suara dan jenisnya, menjelaskan bagaimana cara mencoblos yang benar juga menerangkan apa itu pemilu serentak.

"Karena inikan banyak ditemukan surat suara yang tidak sah. Jadi nanti mereka akan turun ke masyarakat untuk menjelaskan hal tersebut," ujarnya. Sementara itu, nantinya relawan demokrasi akan mengikuti Bimtek terlebih dahulu untuk pemahaman dan pengenalan basis-basis yang ada serta apa yang harus dilakukan dilapangan.

"Hari ini selesai kita interview, besok atau lusa akan kita plenokan. Mereka bekerja secara aturan, minggu ketiga atau awal februari itu itu mereka itu harus sudah bekerja," pungkasnya.

Loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com