• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Di Turki, Ada Negeri Dongeng dengan Banyak Kastil Kosong

Kamis, 24 Januari 2019 | 11:27 WIB
Loading...

Klikbabel.com, Turki - Ingin merasakan hidup di negeri dongeng dengan kastl yang menjulang tinggi? Sebentar lagi, Anda bisa merasakannya ketika bepergian ke Turki .

Kisah-kisah dongeng seperti cerita Disney memang menghadirkan imajinasi tersendiri di benak penikmatnya. Salah satu yang melekat adalah bangunan kastil yang sangat cantik. Maka tak heran banyak orang berandai-andai ingin tinggal di kastil layaknya menghuni istana.

Guna mewujudkan impian itu, sebuah komplek perkastilan bernama Burj Al Babas dibangun di Turki. Seperti dikutip Guideku dari Business Insider, proyek yang dimulai tahun 2014 ini bertujuan membangun ratusan rumah mewah mirip kastil.

Dari kejauhan, pemandangan kompleks perumahan Burj Al Babas ini memang terlihat seperti negeri dongeng. Ratusan kastil terlantar beratap biru dan berdinding putih berjajar di sini. Bahkan, nyaris sebagian besar dari kastil tersebut terlihat sudah selesai dibangun.

Namun sayang, seiring tahun berganti, lingkungan kastil tak tampak seperti negeri dongeng. Proyek perumahan kastil Burj Al Babas ini rupanya malah berakhir ditelantarkan sehinggga membuat komplek seperti negeri dongeng berhantu.

Dari total sekitar 732 kastil, 350-nya sudah sempat terjual ke investor dari Arab. Harga per kastil sendiri berkisan antara 400-500 ribu USD atau 5-7 miliar rupiah.

Namun, banyak dari penjualan ini berakhir ditarik kembali. Hal ini disebabkan oleh adanya krisis ekonomi di Turki, inflasi, penurunan nilai mata uang lira, sekaligus gejolak politik.

Akibat krisis keuangan tersebut, ratusan rumah bergaya kastil Gothic ini pun berakhir ditinggalkan. Tak heran, Burj Al Babas turut berubah menjadi layaknya negeri dongeng berhantu. Meski begitu, seiring dengan membaiknya kondisi keuangan di Turki, kontraktor sekaligus arsitek Burj Al Babas berharap agar pembangunan dapat berlanjut kembali.

Direncanakan, pembangunan kastil-kastil Burj Al Babas ini akan berlanjut kembali pada Oktober 2019 nanti. Well, kita nantikan saja!

Loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : Suara.com